Sstt... Ini Dia Racikan 11 Bumbu Rahasia Ayam Goreng KFC!

- detikFood Rabu, 15 Jan 2014 16:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Seperti slogannya, Kentucky Fried Chicken (KFC) diakui secara luas sebagai 'Jagonya Ayam'. Daging ayam gorengnya yang juicy dibalut dengan tepung keriting yang digoreng renyah. Wanginyapun menggoda. Dicocolkan ke saus sambal, alamak enaknya!

Sudah banyak orang mencoba menerka campuran 11 herba dan rempah rahasia yang dibuat Colonel Sanders, pendiri KFC. Namun, resep tersebut hingga kini dijaga ketat di sebuah brankas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

Salah satu orang yang mencoba menebak resep rahasia ayam goreng KFC adalah pemilik akun MZMARGO. Komposisi 11 herba dan rempah rahasia KFC ia bagikan di situs Spark Recipes.

Apa saja bahannya? Ternyata, komposisinya terdiri dari paprika, bubuk bawang putih, bubuk cabai, dan lada hitam. Ia juga mencampurkan onion salt (campuran garam dan bubuk bawang Bombay) dan celery salt (campuran garam dan bubuk biji seledri).

Rempah lainnya terdiri dari rubbed sage (serbuk kasar daun sage), bubuk allspice, bubuk oregano, daun basil yang dihancurkan, dan daun marjoram yang dihaluskan. Semuanya dicampurkan masing-masing sebanyak satu sendok teh, kecuali paprika dua sendok teh.

Tampaknya semua bahan berupa bubuk atau kering karena dikocok hingga merata di botol selai. Campuran ini bisa tahan berbulan-bulan asal tutup botolnya rapat serta terhindar dari sinar matahari langsung, panas, dan lembap.

Bagaimana cara memakainya untuk membumbui daging ayam? Kombinasikan saja empat sendok teh campuran tadi, 95 gram tepung, dua sendok makan padat light brown sugar, dan satu sendok teh garam. Masukkan semuanya ke plastik yang didobel, lalu tambahkan daging ayam dan lapisi. Goreng, tiriskan, sajikan!

Mungkin resep ini hanya direka-reka, bukan resep asli KFC. Namun, pemilik akun DAMAGED262 memujinya lewat kolom komentar.

"Pada tahun 1980-an, saya memiliki akses ke sekilogram bumbu asli KFC yang tak legal karena dicuri oleh seorang manajer yang berhenti setelah saya keluar. Saya menggunakannya untuk apa saja, dari sayuran sampai daging hewan. Resep ini mirip dengan aslinya dan cocok dipakai untuk menggoreng, memanggang, atau membakar. Terima kasih MZMARGO," tulis DAMAGED262.

Yuk coba resepnya di dapur! Siapa tahu memang seenak bumbu ayam goreng buatan KFC!

(fit/odi)