Bikin Penasaran, Netizen Bongkar Rahasia Nasi Goreng Abang Gerobakan yang Enak

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 16:31 WIB
Nasi Goreng dan Ayam Malaya Lombok Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Banyak yang penasaran mengapa rasa nasi goreng tek-tek atau nasi goreng abang gerobakan, selalu lebih enak dibandingkan nasi goreng yang dibuat di rumah. Ternyata ada rahasia tersendiri di baliknya.

Mirip seperti mie instan, rasa nasi goreng jauh lebih enak jika dibeli di restoran hingga nasi goreng gerobak yang dibuat oleh abang-abang. Banyak netizen yang penasaran mengapa rasa kedua nasi goreng abang-abang, berbeda dengan nasi goreng yang dimasak di rumah.

Baca Juga: Kata Ahli Ini Trik yang Bikin Nasi Goreng Buatan Resto Rasanya Enak

Diunggah oleh akun Instagram @mak_inpoh (28/066), ada beberapa netizen yang membagikan rahasia nasi goreng enak seperti yang dibuat oleh penjual nasi goreng tek-tek.

"Bun maaf sebelumnya mau tanya, kenapa (rasa nasi goreng) kalau beli di abang-abang lebih enak rasanya, juga beda sama yang kita bikin? Atau beda dari keca atau apa?" tanya salah satu netizen penasaran.

Nasi Goreng dan Ayam Malaya LombokNasi Goreng dan Ayam Malaya Lombok Foto: dok. detikFood

Ada berbagai macam jawaban yang membongkar rahasia nasi goreng enak ini. Rata-rata yang menjawab dulunya pernah berjualan nasi goreng, atau saudaranya pernah jualan nasi goreng tek-tek.

"Aku dulu jualan bund. Bumbunya itu bawang putih, bawang merah, kemiri sama ebi. Itu aja kok. Jangan lupa juga pakai kecap Inggris, selain kecap manis biasa. Jadi pakainya dua kecap. Kalau kecap manisya bisa pakai merek ABC atau Bango," jawab salah satu netizen bernama Luki yang membalas pertanyaan itu.

Ada juga yang menyarankan untuk membuat bumbu halus dari campuran bawang putih dan kemiri.

"Yang aku tahu resep nasi goreng ini, ya pakai bawang putih sama kemiri dihaluskan lalu ditaruh di toples. Terus cabe rawit dan cabe merah dihaluskan masukan toples, bawang merah goreng sebagai taburan. Lalu daun bawang dipotong kecil-kecil," saran netizen bernama Susi.

Susi juga menambahkan tips, kunci dari enaknya nasi goreng abang-abang terletak pada penggunaan nasi keras atau nasi 'pera'. Hindari menggunakan nasi yang terlalu pulen atau lembek. Untuk topping nasi goreng bisa disesuaikan sesuai selera.

Terakhir ada saran dari netizen bernama Maria, yang membongkar rahasia nasi goreng enak terletak pada campuran minyak spesial.

"Saya ada bun rahasianya. Cuman di minyak aja. Saudara saya jualan nasi goreng, dia masaknya pakai minyak bawang aja," pungkas Maria.

Ada juga nih komentar nyeleneh dan kocak dari netizen yang menjawab rahasia nasi goreng ini secara asal.

sauteing garlic in a pan with olive oilsauteing garlic in a pan with olive oil Foto: iStock

"Yang bikin enak itu sebenarnya karena dibikinin dan tinggal makan," canda netizen lainnya.

Buat yang lebih suka rasa nasi goreng rumahan, dan sedang mencari resep nasi goreng praktis. Coba saja masak nasi goreng kampung enak serta tips memasaknya di sini.



Simak Video "Nasi Goreng Tiwul, Menu Khas Waduk Bendo Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com