Hidden Gems

Murah dan Enak, 5 Sop Buntut Kaki Lima Ini Jadi Incaran Foodies!

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 28 Agu 2021 12:02 WIB
Indonesian Oxtail Soup or Sop Buntut Foto: iStock
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
Jakarta -

Tak selalu mahal, sop buntut bisa dinikmati di warung makan kaki lima yang memiliki harga terjangkau. Rasanya juga tak kalah enak dari sop buntut dengan harga bintang lima.

Sop buntut sapi memang terkenal memiliki harga yang mahal, karena harga daging bagian buntut cukup tinggi di pasaran. Jika datang ke restoran, menu sop buntut ini harganya berkisar di angka Rp 60.000 hingga Rp 200.000.

Meskipun isiannya sama, tapi ada juga sop buntut kelas kaki lima yang sudah terkenal kelezatannya. Harganya juga jauh lebih terjangkau, dibandingkan sop buntut di restoran atau hotel. Bahkan ada penjual sop buntut kaki lima yang bisa menghabiskan lebih dari 50 kg daging setiap harinya.

Berikut 5 tempat makan sop buntut murah yang enak dan laris manis jadi incaran foodies!


Baca Juga: Banjir Tetelan! 5 Bakso Enak dengan Tetelan Melimpah Ini Auto Bikin Ngiler

1. Sop Buntut Sapi Ma'Emun

Indonesian Oxtail Soup or Sop BuntutSop Buntut Foto: iStock

Surganya sop buntut murah, di Bogor ini banyak sop buntut kelas kaki lima yang sudah terkenal kelezatannya. Salah satunya ada Sop Buntut Sapi Ma'Emun, yang letaknya di Bogor Tengah, daerah Sempur.

Di sini konsepnya memang warung makan sederhana, dan hanya menyajikan satu menu saja yaitu sop buntut spesial. Satu porsinya sekitar Rp 48.000, tapi potongan daging bututnya banyak.

Kemudian disiram dengan kuah sop bening, lengkap dengan irisan kentang dan wortel, serta tambahan kol. Ciri khasnya daging buntut direbus dan diikat dengan tali bambu. Seharinya bisa menghabiskan lebih dari 50 kg daging yang enak. Jika datang sedikit sudah pasti kehabisan.

2. Sop Buntut Mang UU

Indonesian famous oxtail soupSop buntut Foto: iStock

Sop Buntut Mang UU masuk ke dalam kulineran enak dan murah meriah yang paling wajib dicoba saat jalan-jalan ke Bogor. Di sini potongan buntut sapinya diikat juga dengan tali bambu, kemudian direbus hingga empuk.

Tambahan bumbunya sederhana, hanya pakai garam dan lada kemudian disiram dengan kuah sop yang sedkit kecokelatan. Tambahannya ada wortel dengan kol dan daun seledri.

Agar lebih mantap disajikan dengan nasi putih dan taburan bawang goreng. Kisaran harganya juga murah, seporsinya hanya Rp 34.000 saja, kalau tambah nasi putih hanya Rp 6.000 saja. Porsinya yang banyak, membuat tempat makan ini selalu ludes terjual di bawah jam 12 siang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Sop Buntut yang Bikin Suami Cepat Pulang"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com