Hidden Gems

Terlihat Sepi dan Tidak Laku, 5 Tempat Makan Ini Punya Menu Terkenal Enak

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 12:00 WIB
Mie Gaul Senayan; Sedapnya Mie Ayam dan Yamin Hidden Gems yang Tempatnya Asri Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
Jakarta -

Dari luar tempat makan ini tampak sepi dan terlihat tidak laku. Padahal mereka justru punya makanan yang rasanya enak dan berbeda dari tempat lain.

Salah satu indikator bahwa tempat makan memiliki masakan yang enak, biasanya ramai pengunjung atau panjangnya antrean pengunjung yang akan makan di sana.

Namun hal itu tidak berlaku pada beberapa tempat makan ini. Meski mereka tampak tak laku dan sepi dari pembeli, rasa makanan yang ditawarkan tidak main-main bahkan jauh lebih enak dari rasa restoran terkenal yang ramai.

Seperti nasi paru babat khas Surabaya, kemudian ada mie ayam khas Singkawang yang tampak sepi. Sampai sup gurame merah yang ada di atas pasar tradisional.

Berikut lima tempat makan yang tampak sepi padahal punya menu yang rasanya enak banget.


Baca Juga: 5 Restoran Chinese Food yang Tersembunyi di Gang hingga Pasar



1. Sop Gurame Merah Atay

sop ikan guramesop ikan gurame Foto: ist



Cukup misterius dan terpencil, Sop Gurame Merah Atay letaknya ada di lantai 3 Pasar Pagi Lama di Jakarta Berat. Tanpa plang, tanpa nama, tempat makan yang satu ini cukup terlihat sepi bahkan tidak laku. Karena tidak ada daftar menu yang diberikan.

Jangan salah sangka, meski terlihat sepi tapi tempat makan sop gurame yang letaknya tersembunyi di atas pasar ini ternyata sudah ada sejak 50 tahun yang lalu. Sampai sekarang usaha kuliner ini didirikan oleh Om Atay, yang dibantu oleh keluarganya.

Menu andalannya ada Sop Gurame Merah yang segar dan porsinya melimpah. Kemudian ada juga ikan gurame goreng yang krispi dan gurih, lengkap dengan tahu gorengnya. Semua makanan di sini halal dengan kisaran ahrga Rp 250.000 untuk makan berdua.



2. Mie A Hong

Resep Mie Ayam Wonogiri Mie Ayam Foto: iStock



Konsep tempat makan yang satu ini wajar sepi dan terlihat tidak laku, karena sang pemiliknya sendiri yang takut jika tempat makannya terkenal dan jadi ramai pengunjung. Nama tempatnya ada Mie A Hong, letaknya dekat dengan kantor BCA di Tanjung Priok, Jakarta.

Di sini spesialis menyajikan aneka menu khas Chinese food kaki lima yang dijamin halal. Mie A Hong, semakin dikenal luas setelah didatangi YouTuber Nex Carlos. Bahkan sang pemilik mengaku, bahwa keterangan tempat hingga alamat Mie A Hong ini sengaja ia hapus dari internet.

Menu andalannya di sini ada mie ayam atau kwetiau ayam. Kemudian ada mie goreng, fuyunghai, capcai, kuah bakso sapi, nasi goreng hingga ayam goreng mentega. Kisaran harganya per menu sekitar Rp 30.000 saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kedai Kopi Unik Ini Ternyata Ada di Pondok Cabe!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems
FOKUS BERITA Kuliner Hidden Gems

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com