5 Nasi Kuning dari Berbagai Daerah yang Unik, Manado hingga Gorontalo

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 25 Agu 2021 15:30 WIB
Resep Nasi Kuning Banjar dan Haruan Habang Foto: detikfood/odilia
Jakarta -

Salah satu olahan nasi rames populer di Indonesia adalah nasi kuning. Nasi berwarna kuning yang gurih dengan lauk komplet ini dapat ditemui di Jawa hingga Gorontalo.

Nasi kuning awalnya dibuat untuk selamatan atau upacara adat. Namun, lama kelamaan populer dimakan sehari-hari. Ini karena racikan nasi yang dimasak dengan kunyit ini punya beragam lauk enak.

Bukan hanya di Jawa saja tetapi hampir tiap daerah hingga propinsi di Indonesia punya racikan nasi kuning. Lauknya disesuaikan dengan makanan di daerah tersebut. Ada ayam, ikan hingga tempe dan telur.

Nasi kuning Gorontalo memakai topping abon ikan, nasi kuning Jawa memakai ayam opor atau goreng. Perpaduan rasa pulen harum nasi kuning dengan lauk yang gurih, manis dan pedas segar selalu bikin ketagihan.

Seperti 5 nasi kuning dengan lauk komplet dari berbagai daerah yang lezat berikut ini.

1. Nasi Kuning Jawa

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leafnasi kuning Foto: iStock

Nasi kuning Jawa tak hanya disajikan saat ada acara khusus tetapi juga ditawarkan sebagai menu sarapan. Nasi kuning khas Jawa juga memiliki cita rasa yang gurih dan dilengkapi beragam lauk lezat.

Lauknya terdiri dari tempe orek, telur dadar, bihun atau bakmi goreng, perkedel, acar timun dan wortel hingga ayam goreng. Dilengkapi juga dengan kerupuk atau emping yang renyah. Tak jarang nasi kuning khas Jawa juga diberikan taburan serundeng yang rasanya manis gurih.

Satu porsi nasi diberi topping lauk beragam dan serba sedikit. Karenanya harganya tergantung dari lauk yang dipilih. Biasanya dijual berkisar Rp 10.000 dan ada yang dibungkus daun pisang ada yang dibungkus kertas nasi.

2. Nasi Kuning Manado

Nasi Kuning ManadoNasi Kuning Manado Foto: detikFood

Di Manado, Sulawesi Utara juga ada nasi kuning yang lezat. Nasi kuning khas Manado memakai ragam lauk yang khas Manado. Karena Manado terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah, lauk nasi kuning di sana menggunakan olahan ikan cakalang.

Selain lauk ikan cakalang, ada juga lauk kering talas (bete) atau ubi, bihun goreng, telur rebus, dan sambal roa yang pedas menyengat. Nasi kuning Manado juga biasa disantap sebagai menu sarapan.

Penyajian nasi kuning Manado juga sangat unik. Kalau di Jawa biasanya dibungkus menggunakan daun pisang, nasi kuning Manado menggunakan daun woka atau daun lontar untuk dibawa pulang. Daun lontar ini berfungsi sebagai pengawet agar nasi kuning tak mudah basi dan aromanya makin sedap.

Baca Juga: Nasi Kuning Manado yang Sedap dengan Pelengkap Ikan Cakalang

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com