Ekspedisi Langit Nusantara

Nasi Kuning Manado yang Sedap dengan Pelengkap Ikan Cakalang

Maya Safira - detikFood Selasa, 26 Apr 2016 16:45 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Nasi kuning banyak disajikan di Jawa. Tapi Manado juga punya nasi kuning yang enak dan berbeda. Salah satunya karena penggunaan ikan cakalang.

Kota Manado terkenal akan kenikmatan makanannya. Mulai dari kue hingga makanan utama dikenal sampai ke luar Manado. Umumnya kuliner Manado menggunakan cabai yang menggigit dan ikan cakalang harum.

Nasi kuning termasuk yang layak dicoba saat mampir ke Manado. Terasa berbeda dengan nasi kuning Jawa. Terutama karena pilihan pelengkapnya seperti ikan cakalang dan sambal. Biasa nasi kuning dijadikan menu sarapan pagi.



Untuk membuatnya, nasi dimasak menggunakan serai, daun pandan, daun jeruk, lengkuas, santan, garam dan kunyit. Setelah matang, nasi diberi aneka lauk pendamping. Ada kering talas (bete) atau ubi, abon ikan cakalang yang dimasak dengan santan, bihun, bawang goreng, semur daging dan telur rebus.

Sambal pelengkapnya pun terasa spesial. Ada campuran bawang merah, bawang putih, cabai, dan gula merah. Citarasanya pedas manis. Penentu kenikmatannya adalah penggunaan gula batu atau gula merah khas Manado.



Biasanya nasi dibungkus dengan cantik menggunakan daun woka atau daun lontar untuk dibawa pulang. Pemakaiannya memberi aroma sedap pada nasi kuning.

Ada dua tempat terkenal untuk mencicipi nasi kuning di Manado. Diantaranya Rumah Makan Nasi Kuning Saroja yang sudah berdiri sejak 1977 dan Rumah Makan Nasi Kuning Selamat Pagi. Semuanya hanya menjual lauk nasi kuning.

Kabarnya RM Selamat Pagi termasuk penjual nasi kuning tertua di Manado, bahkan mulai zaman Jepang. Dulunya sempat berjualan di Pasar 45 sebelum pindah ke Kampung Kodo tahun 1974. Sebagai perintis, rumah makan disebut menawarkan nasi kuning asli Kampung Kodo. Sementara RM Saroja sempat masuk penghargaan MURI sebagai pembuat nasi kuning terbanyak.



Kedua rumah makan menyediakan nasi kuning yang serupa. Terdapat abon ikan, kentang goreng, irisan ikan cakalang dan telur rebus. Makin lengkap dengan sambal pedasnya.

Melalui penggunaan jaringan cepat, Anda bisa mencari lokasi kedua tempat nasi kuning. Jadi jangan lewatkan nasi kuning khas Manado saat berada di sana!



Ayo ikutiĀ Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia."

Rumah Makan Nasi Kuning Saroja
Jl. Diponegoro No. 9
Teling
Manado
Sulawesi Utara
Telp: 0431-851597

Rumah Makan Nasi Kuning Selamat Pagi
Jl. Jend. Sudirman
Kampung Kodo
Manado
Sulawesi Utara
Telp: 0431-860197 (lus/odi)