Tampilannya Mirip, Ini Beda Tauco dan Doenjang Korea

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 24 Agu 2021 10:19 WIB
Perbedaan tauco dan doenjang Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Ada beberapa makanan Korea dan Indonesia yang mirip. Salah satunya tauco dan doenjang yang merupakan pasta kacang kedelai. Tetapi keduanya berbeda.

Makanan Indonesia memiliki cita rasa yang kaya. Karena menggunakan bumbu yang terbuat dari aneka rempah. Sedangkan makanan Korea menggunakan bumbu yang berbentuk pasta hasil fermentasi. Seperti gochujang, samjang, hingga doenjang.

Baca Juga: Valentino Rossi Pensiun dari MotorGP, Ini 5 Fakta Kulinernya yang Menarik

Namun, ada beberapa makanan Indonesia dan Korea yang tampilannya mirip. Seperti semur daging dengan jangjorim. Ada juga bumbu fermentasi yang juga mirip, tauco dan doenjang. Keduanya terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi.

Perbedaan tauco dan doenjangPerbedaan tauco dan doenjang Foto: Getty Images/iStockphoto/

Meskipun demikian keduanya punya perbedaan. Tauco terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan sedikit tepung terigu dan direndam dalam air garam.

Setelah itu dijemur di atas terik matahari selama beberapa minggu hingga mengeluarkan aroma asam khas tauco dan warnanya kecokelatan. Butiran kedelai menjadi sedikit hancur dan menjadi kental.

Baca Juga: Saingi Sisca Kohl, Netizen Ini Makan Nugget Caviar Senilai Rp 30 Juta!

Karenanya tauco selalu dikemasa dalam botol atau stoples kaca.Tauco dipakai sebagai bumbu tumis kangkung, tumis tahu bumbu tauco, sayur tauco Medan dan dijadikan sambal tauco.

Perbedaan tauco dan doenjangPerbedaan tauco dan doenjang Foto: Getty Images/iStockphoto/

Doenjang juga terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi menggunakan air garam. Namun, doenjang tidak menggunakan campuran tepung terigu. Doenjang bentuknya lebih padat seperti pasta dan halus. Umumnya dikemas dalam kotak plastik.

Di Korea, doenjang juga dijadikan bumbu masakan. Biasanya diolah sebagai bumbu untuk memasak sup tahu bernama doenjang jjigae. Selain dicampurkan pada sup tahu, doenjang juga bisa digunakan untuk cocolan ssambab, nasi bungkus daun selada dan daging panggang. Doenjang merupakan bumbu wajib harus dimiliki setiap rumah di Korea.

Baca Juga: Banjir Tetelan! 5 Bakso Enak dengan Tetelan Melimpah Ini Auto Bikin Ngiler



Simak Video "Tauto, Kuliner Pekalongan yang Memang Cucok!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com