Nasi Rames Nusantara

Racikan 5 Nasi Campur Nusantara yang Nikmatnya Tiada Dua

Diah Afrilian - detikFood Senin, 23 Agu 2021 18:00 WIB
Racikan 5 Nasi Campur Nusantara yang Nikmatnya Tiada Dua Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Punya budaya kuliner yang kaya membuat Indonesia memiliki beragam hidangan nasi. Seperti lima nasi campur khas Indonesia ini yang kenikmatannya layak dicoba!

Memiliki wilayah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke membuat Indonesia begitu kaya akan budaya dan sumber daya alamnya. Beragam sayur-sayuran, buah-buahan hingga berbagai jenis rempah-rempah sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Kekayaan sumber daya alam ini membuat banyak hidangan unik yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dengan ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Bahkan nasi yang menjadi makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia saja bisa disajikan dengan beragam bentuk dan lauk pendamping sesuai dengan budaya kuliner daerah setempat.

Kekayaan kuliner budaya ini bisa dilihat dari beragam jenis nasi campur yang ada di Indonesia. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali hingga Kalimantan semuanya punya ciri khas hidangan nasi campur yang berbeda-beda namun tak boleh dilewatkan untuk dicicipi.

Berikut ini 5 jenis nasi campur khas Nusantara yang layak dicoba:

Racikan 5 Nasi Campur Nusantara yang Nikmatnya Tiada DuaRacikan 5 Nasi Campur Nusantara yang Nikmatnya Tiada Dua Foto: Istimewa

1. Nasi Campur Medan

Nasi campur Medan atau biasa disebut nasi gurih Medan merupakan salah satu hidangan khas Sumatera Utara yang tak boleh dilewatkan. Pada seporsi nasi campur khas Medan ini menu utamanya yaitu nasi dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah hingga menghasilkan rasa yang gurih.

Tidak jauh berbeda dengan nasi uduk atau nasi yang dimasak dengan santan, namun nasi campur Medan cenderung lebih harum aromanya. Selain nasinya, lauk pendamping yang disajikan pada nasi campur Medan ini juga berbeda dengan lauk yang disajikan dari daerah lainnya.

Biasanya seporsi nasi campur Medan akan disajikan dengan telur balado atau ayam goreng serta sayur tauco pedas yang tak boleh ketinggalan. Untuk menambah teksturnya nasi campur Medan ini juga dilengkapi dengan sambal teri kacang serta keripik kentang yang akan membuat perut semakin kenyang.

Baca juga:RaosPisan! 5 Nasi Rames ala Sunda yang Sedapnya Bikin Nagih

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com