Mau Cicip? Cheesecake Ini Pakai Telur Pitan dengan Aroma Menyengat

Sonia Basoni - detikFood Senin, 23 Agu 2021 16:30 WIB
Mau Cicip? Cheesecake Ini Pakai Telur Pitan dengan Aroma Menyengat Foto: JUICE/Site News
Jakarta -

Biasanya telur pitan digunakan untuk topping bubur khas China dan salad. Kini muncul kreasi terbaru, telur pitan dipakai sebagai bahan campuran cheesecake. Mau cicip?

Tren cheesecake yang lembut dan lumer, memang sudah ada sejak dulu. Tapi kalau cheesecake dengan bagian dalam diisi dengan telur pitan yang berwarna hitam gelap, pastinya masih jarang dan terbilang cukup aneh.

Dilansir dari JUICE Online (18/08), telur pitan dikenal sebagai telur seribu tahun atau 'century egg'. Telur hitam yang satu ini biasanya menggunakan telur bebek atau telur itik, yang difermentasi atau diawetkan dengan carabungkus atau dipendam di dalam tanah liat alkali selama beberapa bulan.

Baca Juga: 5 Fakta Telur Pitan, Telur 1.000 Tahun dari China yang Dimasak di MasterChef Indonesia

Telur dinyatakan sudah bisa dimakan jika bagian dalamnya sudah mengeras. Warna putih telurnya hitam bening transparan. Sementara bagian kuning abu-abu keruh. Rasa putih telurnya kenyal seperti jelly.

century egg , chinese foodcentury egg , chinese food Foto: iStock

Walau aromanya sedikit menyengat karena proses fermentasi yang alami. Tapi salah satu kafe di Penang, yaitu Moody Cow sukses bikin banyak orang penasaran karena kreasi cheesecake terbaru mereka.

Sejak dulu kafe yang satu ini terkenal sering meluncurkan varian cheesecake dengan rasa unik dan aneh. Mulai dari rasa salted egg, Musang king, rujak hingga abon ayam.

Kini mereka menciptakan menu cheesecake 'The Black Moon'. Bagian bawah cheesecake dilapisi cokelat, yang diisi dengan lelehan keju lumer. Tentunya ciri khasnya terletak pada satu telur pitan utuh yang ada di bagian dalam cheesecake.

Mau Cicip? Cheesecake Ini Pakai Telur Pitan dengan Aroma MenyengatMau Cicip? Cheesecake Ini Pakai Telur Pitan dengan Aroma Menyengat Foto: JUICE/Site News

Tak berhenti hingga di sana, kreasi cheesecake ini disajikan lengkap dengan ikan bilis dan tambahan kacang. Mirip seperti taburan di atas nasi lemak khas Malaysia.

Meskipun aneh dan rasanya cukup menantang bagi sebagian orang. Tapi cheesecake dengan telur pitan ini tetap berhasil mengundang rasa penasaran para pembeli. Bahkan banyak food blogger yang mencicipinya langsung.

"Rasanya itu cukup berlebihan, dengan aroma khas dan menyengat yang langsung tercium," ungkap blogger bernama Rebecca Saw ketika mencicipinya.

Sementara untuk harganya, cukup mahal untuk seukuran satu potong cheesecake karena bahan yang digunakan juga premium. Orang-orang harus merogoh kocek sekitar RM 44 (Rp 150.000) untuk satu potong cheesecake. Cheesecake telur pitan ini juga tidak dibuat setiap hari.

Baca Juga: Gerai Pizza Ini Luncurkan Pizza Topping Telur Pitan dan Darah Babi



Simak Video "Puas Menyantap Bubur Ayam Klasik Bergaya China "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com