Aneh! Chef Ini Beri Rating Jelek untuk Restorannya Sendiri

Diah Afrilian - detikFood Senin, 23 Agu 2021 11:30 WIB
Aneh! Chef Ini Beri Rating Jelek untuk Restorannya Sendiri Foto: Bristol Live
Jakarta -

Seorang chef umumnya akan memberi rating bagus di ulasan online untuk restoran tempatnya bekerja, namun chef ini berbeda. Ia malah memberi rating jelek untuk restorannya sendiri. Kenapa ya?

Penghargaan bintang Michelin merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi restoran-restoran ternama yang mencerminkan kualitasnya. Sangat sulit bagi sebuah restoran untuk bisa mendapatkan penghargaan ini mengingat beragam kriteria penilaian diberikan terhadap sebuah restoran.

Tetapi hal yang sebaliknya justru dilakukan oleh seorang chef di Inggris. Seorang chef yang mengepalai salah satu restoran berbintang Michelin di Inggris ini memberi ulasan dengan rating jelek untuk restorannya sendiri.

Menurut keterangannya ia sedang membuktikan bahwa ulasan secara online tidak akan memengaruhi rating restorannya. Bahkan ia juga membandingkan penilaian yang diberikan oleh pelanggan-pelanggan yang pernah datang ke sana.

Aneh! Chef Ini Beri Rating Jelek untuk Restorannya SendiriAneh! Chef Ini Beri Rating Jelek untuk Restorannya Sendiri Foto: Bristol Live

Mengutip Bristol Live (19/8) chef ini menduduki posisi kepala chef di restoran Casamia pada Juli 2020 lalu. Zak Hitchman lakukan aksi tak terduga yang cukup mengkhawatirkan. Zak menuliskan sebuah ulasan buruk terkait restorannya secara online pada TripAdvisor.

Baca juga: Tak Boleh Masuk Restoran karena Belum Divaksin, Wanita Ini Beri Rating Bintang 1

"Tidak seperti restoran, lebih seperti pertunjukkan aneh dengan makanan," tulis Zak pada ulasannya.

Ternyata hal ini dilakukan oleh Zak untuk membuktikan bahwa ulasan secara online ini tidak akan memengaruhi reputasi restorannya. Pasalnya, Casamia telah dikenal sebagai restoran fine dining mewah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kelas atas.

Pada saat memberikan ulasan tersebut, Zak juga membaca seluruh ulasan dari pelanggan yang pernah berkunjung ke restorannya. Pelanggan yang terlihat sangat menikmati hidangan dan pelayanan di Casamia ini ternyata memberikan ulasan yang juga cukup buruk untuk restorannya.

Aneh! Chef Ini Beri Rating Jelek untuk Restorannya SendiriAneh! Chef Ini Beri Rating Jelek untuk Restorannya Sendiri Foto: Bristol Live

Tidak hanya Zak sendiri, ia bahkan juga mengajak pekerja restoran lainnya untuk memberikan komentar secara online. Tetapi komentar-komentar tersebut nyatanya memang tidak memberikan dampak apapun pada restorannya.

Zak melihat bahwa ulasan seperti ini sama sekali tidak memberikan efek apapun terhadap rating dan popularitas restoran. Bahkan dalam pengamatannya tersebut, Zak mengatakan bahwa siapapun bisa saja memberikan ulasan terhadap restorannya dan menulis sesukanya tanpa datang dan benar-benar mencoba makanan di restorannya.

"TripAdvisor merupakan forum terbuka di mana semua orang bisa menulis apapun yang mereka inginkan. Aku tidak ingin terdengar arogan tetapi kami benar-benar tidak menanggapi ulasan di sana dengan serius. Lebih baik berbicara langsung dan tatap muka," kata Zak.

Zak mengatakan bahwa hal-hal seperti ini bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan oleh pihak restoran lain di luar sana. Bahkan Zak juga menyarankan para pemilik restoran untuk mengulas keburukan restoran mereka dan tidak akan ada efek apapun yang didapatkan oleh restoran tersebut.

Zak mengatakan bahwa ulasan yang paling berpengaruh pada restoran merupakan ulasan yang langsung diberikan oleh pelanggan saat di restoran. Baik ulasan melalui kritik dan saran dalam tulisan maupun langsung berbicara dan memberitahunya kepada para pekerja di restoran.

Baca juga: Viral! Pemilik Resto Balas Review Negatif Pelanggan dengan Kalimat Menohok



Simak Video "Nikmat Pedas Kepiting Jumbo Saus Chili di Restoran Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com