Pisang hingga Alpukat, Buah Segar yang Tinggi Vitamin B

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Agu 2021 06:00 WIB
Textured many fresh, organic and green avocado fruits in full-frame background Foto: iStock
Jakarta -

Tubuh memerlukan asupan vitamin B yang berfungsi untuk menjaga kesehatan. Vitamin B bisa didapatkan dengan mengonsumsi aneka buah, seperti pisang dan alpukat.

Kebanyakan orang menganggap vitamin B hanya bisa diperoleh dari sumber protein hewani seperti daging sapi dan ayam. Padahal banyak juga buah yang tinggi vitamin B, sebut saja pisang, alpukat, jeruk dan mangga.

Dilansir dari HealthLine (19/8) secara umum ada delapan jenis vitamin B yang kemudian dikenal dengan sebutan vitamin B kompleks. Delapan jenis vitamin B ini adalah tiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), folat (B9) dan cobalamin (B12).

Masing-masing vitamin ini memiliki fungsi berbeda namun umumnya seluruh vitamin B membantu tubuh menghasilkan energi dan berperan penting dalam pembentukan sel.

Selain vitamin B12, tubuh tidak dapat menyimpan vitamin B untuk waktu yang lama, jadi kamu harus mengasup kembali secara teratur melalui makanan. Banyak makanan sumber vitamin B, termasuk beberapa jenis buah segar.

Berikut beberapa buah yang menjadi sumber vitamin B:

1. Pisang


Selain vitamin C dan pottasium, pisang juga kaya akan kandungan vitamin B. Dalam setiap 100 gram buah pisang mengandung 0,433 mg vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 mikrogram vitamin B9 (asam folat), dan 0,08 vitamin B2.

Banyaknya kandungan vitamin B pada pisang menjadikan buah bertekstur lembut ini termasuk sumber vitamin B. Rutin mengonsumsi pisang juga membantu menjaga kesehatan.

Asupan vitamin B yang cukup, membuat tubuh bisa menghasilkan energi, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menjaga fungsi otak, dan membantu produksi sel darah merah. Pisang sebaiknya dimakan langsung dan pastikan memilih pisang segar yang sudah matang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sate Tegal Laka-laka Favorit Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com