Nasi Rames Nusantara

5 Nasi Ayam khas Semarang di Jakarta yang Enak Rasanya

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 22 Agu 2021 16:00 WIB
5 Nasi Ayam khas Semarang di Jakarta yang Enak Rasanya Foto: Ilust iStock/Site News
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Salah satu nasi rames yang populer di Jawa Tengah, nasi ayam Semarang bisa dinikmati di Jakarta. Kualitas dan rasa nasi ayamnya tetap autentik dan pastinya enak.

Berbeda dengan nasi gudeg, nasi ayam khas Semarang punya banyak lauk dan sayur rames yang enak saat disantap dalam satu suapan. Ciri khas nasi ayam terletak pada suwiran daging ayam kampung.

Bagian atas nasi disiram dengan sambal goreng labu siam yang ditumis. Kemudian ada krecek lembut, telur rebus, dan tahu yang dilengkapi dengan kuah opor. Disajikan di atas pincuk daun pisang yang khas. Pelengkapnya juga beragam, ada aneka gorengan, sate telur puyuh hingga banceman.

Kini tak perlu jauh-jauh ke Semarang untuk bisa cicip nasi ayam yang enak. Di Jakarta ada beberapa tempat makan nasi ayam khas Semarang yang autentik dan rasanya enak.

Baca Juga: Nasi Anai Galung: Mantap! Nasi Rames Pematang Siantar Halal dengan 20 Lauk

Berikut 5 tempat makan nasi ayam khas Semarang di Jakarta:

1. Waroeng Eddy

nasi ayam semarang netizenIlustrasi Nasi Ayam khas Semarang Foto: Instagram

Tempat ini menyajikan makanan khas Semarang yang dijamin halal. Waroeng Eddy di Pessanggrahan Raya termasuk ke dalam jajaran restoran Semarang di Jakarta yang terkenal memiliki menu makanan lengkap dan nasi ayam yang autentik.

Di sini harga semua menunya masih terjangkau, kisaran Rp 30.000 saja. Salah satu menu favoritnya tentu saja ada Nasi Ayam Liwet Semarang dengan krecek seharga Rp 32.000.

Suwiran daging ayam kampungnya yang royal, dipadukan dengan tumisan labu siam dengan cita rasa pedas mantap. Tak lupa pindang telur, semur tahu dan pastinya krecek yang menyempurnakan rasa nasi liwetnya.

2. Nasi Ayam Semarang Bu Lilis

5 Nasi Ayam khas Semarang di Jakarta yang Enak Rasanya5 Nasi Ayam khas Semarang di Jakarta yang Enak Rasanya Foto: Ilust iStock/Site News

Jalan-jalan ke Kelapa Gading, jangan lupa mampir untuk makan nasi ayam buatan Bu Lilis yang cukup terkenal di sana. Menu sederhana tapi bikin kangen ini selalu disajikan dengan bahan-bahan yang berkualitas.

Di sini menu utamanya ada Nasi Ayam Semarang seharga Rp 35.000. Isinya nasi putih dan ayam kampung bumbu opor yang disuwir. Kemudian disajikan dengan tahu dan telur, tambahan krecek, sambal goreng labu, dan tentunya siraman kuah opor.

Kalau mau coba nasi ramesnya juga bisa. Harganya Rp 35.000, nasi disajikan dengan tumis buncis, bihun goreng, kering tempe, ayam suwir, telor, hingga sambal goreng kentang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com