Nasi Rames Nusantara

Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya

Riska Fitria - detikFood Kamis, 19 Agu 2021 11:30 WIB
Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya Foto: detikcom
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Jawa Tengah memiliki berbagai kreasi nasi rames yang lezat. Masing-masing daerah punya keunikan racikan lauknya. Mulai dari Pati hingga Pekalongan.

Nasi rames merupakan istilah sajian nasi 'one dish meal' atau nasi berikut macam-macam lauknya. Uniknya setiap daerah di Jawa Tengah punya racikan lauk berbeda untuk nasi ramesnya.

Umumnya memadukan sumber protein dan aneka sayuran serta sambal sebagai lauknya. Aneka olahan ayam dan daging jadi lauk utama, ditambah sayuran dan sambal. Karenanya nasi rames merupakan sajian nasi lengkap nutrisi.

Yang membuatnya semakin sedep nasi rames umumnya dibungkus dengan daun pisang atau daun jati. Aroma nasi dan lauk-pauk yang menyatu semakin mantap rasanya.

Berikut ini 5 nasi rames Jawa yang punya racikan lauk unik dan sedap:

1. Nasi Penggel

Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet LauknyaSedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya Foto: Instagram @infokulinerkebumen

Nasi penggel merupakan salah satu jenis nasi rames khas Jawa Tengah, khususnya Kebumen. Kata 'penggel' diambil dari olahan nasinya yang dibentuk bulat.

Jadi nasi penggel adalah nasi yang dibentuk bulat seperti bola pingpong. Biasanya dalam satu porsi nasi penggel berisi 8-10 bulatan nasi.

Nasi rames khas Kebumen ini kemudian disajikan dalam daun pisang atau yang disebut pincuk. Nasinya disiram dengan sayur lodeh yang berisi nangka muda berkuah santan.

Untuk lauknya berupa daun singkong rebus, tempe, dan melinjo. Sementara untuk lauknya berupa jeroan sapi dan tempe mendoan. Biasanya nasi penggel dinikmati saat sarapan.

Baca Juga: Pagi Ini Paling Nikmat Makan Nasi Penggel Kebumen yang Gurih Mantap

2. Nasi Tewel

Sedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet LauknyaSedep Miroso! 5 Nasi Rames dari Jawa Tengah Ini Komplet Lauknya Foto: iStock/Instagram

Di kota Pati, Jawa Tengah ada racikan nasi rames yang tak kalah sedap. Nasi rames tersebut dikenal dengan sebutan nasi tewel atau sego tewel.

Jenis nasi rames ini banyak dijumpai di kawasan Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo. Kata 'Tewel' diambil dari bahasa Jawa yang artinya buah tewel. Buah ini mirip suku tetapi berserat dan berbiji.

Jadi, nasi tewel memang disajikan dengan sayur tewel. Sementara untuk lauknya, nasi tewel biasa dinikmati dengan tempe goreng dan bakwan.

Berbeda dengan nasipenggel, nasitewel disajikan menggunakan daun jati. Jadi, aroma khas daun jati pun dapat menambah selera makan saat bersantap nasitewel.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com