Begini Hukum Makan dengan Tangan Kiri dalam Alquran dan Hadis

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 22 Agu 2021 06:00 WIB
Begini Hukum Makan dengan Tangan Kiri dalam Alquran dan Hadis Foto: iStock

2. Termasuk Perbuatan Mungkar

Setelah dijelaskan bahwa makan dan minum dengan tangan kiri adalah perbuatan setan, maka siapapun makhluk Allah SWT yang mengikuti perbuatan setan sudah termasuk melakukan keburukan atau berbuat mungkar. Keburukan atau perbuatan mungkar bukan hanya dosa-dosa yang dianggap besar seperti mencuri, zina atau membuka aurat.

Banyak sekali umat Muslim yang masih belum menyadari bahwa kesalahan kecil yang tidak diperbaiki dapat menjadi kebiasaan buruk yang mendatangkan dosa. Salah satunya adalah makan dan minum dengan tangan kanan sesuai dengan adab yang diatur dalam Islam.

"Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah SAW dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah SAW bersabda: 'Makanlah dengan tangan kananmu!' Dia malah menjawab, 'Aku tidak bisa.' Beliau bersabda, 'Benarkah kamu tidak bisa?'. Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya," (HR. Muslim no. 2021)

3. Melanggar Syariat Islam

Begini Hukum Makan dengan Tangan Kiri dalam Alquran dan HadisBegini Hukum Makan dengan Tangan Kiri dalam Alquran dan Hadis Foto: iStock

Allah SWT telah meberikan panduan untuk hidup dengan sangat baik melalui Alquran dan hadis. Nabi Muhammad SAW bahkan juga telah banyak mencontohkan bagaimana hidup sesuai syariat Islam agar senantiasa diberkahi Allah SWT.

Syariat Islam bukan hanya beribadah dan menutup aurat tetapi juga termasuk adab makan dan minum menggunakan tangan dan tidak berdiri. Anjuran yang bahkan banyak diingatkan dan disebutkan dalam berbagai hadis ini jika dilakukan bisa menjauhkan berkah Allah SWT dan mendatangkan dosa.

Makan dengan tangan kanan juga dianggap sebagai perbuatan memuliakan makanan. Rasulullah SAW sangat membenci umatnya yang tidak memuliakan
makanan yang disajikan kepadanya. Mulai dari tidak memakannya dengan tangan kanan hingga mencela rasa makanan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com