Hukum Membuang Makanan dalam Islam, Bolehkah Dilakukan?

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 12 Agu 2021 05:00 WIB
China Tutup 13,600 Akun Mukbang yang Buang-buang Makanan Foto: Getty Images
Jakarta -

Tanpa disadari membuang makanan sering dianggap hal yang lumrah. Sebenarnya begini hukum membuang makanan dalam Islam, seperti tercantum dalam Alquran.

Saat merasa kenyang dengan makanan yang tersaji di depannya, banyak orang yang tanpa pikir panjang langsung membuang makanan begitu saja. Bukan hanya kenyang, sebagian orang juga kerap membuang makanan tanpa alasan yang jelas dengan penuh kesadaran.

Perbuatan membuang-buang makanan ini termasuk ke dalam sikap boros yang tidak seharusnya dilakukan. Dalam Islam sikap boros dan membuang-buang makanan ini dikenal dengan istilah mubazir yang berarti mengeluarkan harta untuk melakukan maksiat.

Allah SWT sangat memebenci hambanya yang melakukan perbuatan mubazir atau membuang-buang harta yang ia miliki. Hukum terkait membuang-buang makanan ini bahkan juga secara jelas dituliskan dalam Alquran dan diperkuat dengan hadist-hadist shahih.

Miris! Kakek Ini Pungut Sisa Makanan dari Tempat SampahMiris! Kakek Ini Pungut Sisa Makanan dari Tempat Sampah Foto: Facebook @ipohcom

1. Mubazir Termasuk Perilaku Saudara Setan

Larangan membuang-buang harta termasuk makanan ini terdapat salah satunya pada surah Al Isro' ayat 26-27. Dalam ayat ini, Allah SWT menerangkan bahwa perilaku pemborosan adalah merupakan kebiasaan setan. Siapapun yang melakukan tindakan tersebut maka dikatkan sebagai saudara-saidara setan.

"Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan," (QS. Al Isro': 26-27).

Abu Hurairah juga mengatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda hal-hal yang membuat Allah SWT murka terhadap hambanya dan salah satunya adalah mubazir atau membuang makanan. Sabda Rasulullah SAW ini secara rinci dijelaskan dalam Hadits Riwayat Muslim yang berbunyi:

Sesungguhnya Allah meridhai tiga hal bagi kalian dan murka apabila kalian melakukan tiga hal. Allah ridha jika kalian menyembah-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan (Allah ridla) jika kalian berpegang pada tali Allah seluruhnya dan kalian saling menasehati terhadap para penguasa yang mengatur urusan kalian. Allah murka jika kalian sibuk dengan desas-desus, banyak mengemukakan pertanyaan yang tidak berguna serta membuang-buang harta.

Baca juga: Tiap Rumah Tangga di Dunia Buang 74 Kg Makanan Setahun

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com