ADVERTISEMENT

5 Fakta Makanan Khas Afghanistan yang Menarik Diketahui

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 19 Agu 2021 10:30 WIB
Indian meat fry served on plate.
Foto: Getty Images/iStockphoto/SUSANSAM

4. Buah Kering dan Kacang

Bukan hanya sebagai camilan, konsumsi buah kering dan kacang di Afghanistan ini bahkan tak jarang dicampurkan dalam hidangan utama. Layaknya negara Timur Tengah lainnya, buah dan kacang kering di Afghanistan sangat mudah dan murah untuk didapatkan karena produksi buah dan kacang kering yang begitu tinggi di Afghanistan.

Bahkan beberapa masyarakat Afghanistan juga ada yang hanya mengonsumsi buah kering dan kacang sebagai pengganti makanan utamanya. Saking pentingnya kehadiran buah kering dan kacang dalam budaya kuliner Afghanistan, kedua bahan makanan ini bahkan menjadi makanan yang wajib disajikan pada perayaan tertentu dan spesial.

Salah satunya pada saat perayaan tahun baru, rumah-rumah di Afghanistan pasti akan menyajikan buah kering dan kacang. Dikenal dengan nama haft mewa, hidangan ini merupakan hidangan spesial yang terdiri dari tujuh jenis buah kering dan kacang yang berbeda-beda.

5. Lemak Kambing untuk Hangatkan Badan

Indian meat fry served on plate.Foto: Getty Images/iStockphoto/SUSANSAM

Walaupun berada di kawasan Timur Tengah yang cenderung bersuhu panas, tetapi Afghanistan juga akan merasakan musim dingin. Sayangnya, perubahan suhu yang terjadi cukup ekstrem karena pada saat musim panas suhunya akan sangat tinggi dan pada saat musim dingin akan dituruni salju yang sangat dingin.

Pada suhu dingin inilah masyarakat Afghanistan membutuhkan asupan lemak yang tinggi untuk tetap bisa menghangatkan tubuhnya. Konsumsi makanan berlemak ini terlihat dari ciri khas hidangan Afghanistan yang banyak menggunakan minyak dalam pengolahannya.

Mulai dari minyak nabati hingga lemak hewani seringkali ditambahkan dalam olahan masakan khas Afghanistan. Salah satu yang paling sering digunakan adalah lemak kambing yang ditujukan untuk memberikan rasa gurih pada makanan dan menambahkan lemak ke dalam sajian hidangan khas Afghanistan.

Baca juga: Viral Kuli Kebun Sawit Hobi Masak Menu Sederhana yang Sedap


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT