Bangga Makanan Indonesia, Netizen Tulis Daftar Panjang Makanan Favorit Mereka

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 19 Agu 2021 13:00 WIB
Ikan asin Foto: iStock
Jakarta -

Masih dengan semarak HUT Kemerdekaan RI, banyak netizen Twitter yang bagikan makanan tradisional kesukaan mereka. Hal itu membuat mereka bersyukur lahir di Indonesia.

Memiliki ratusan ribu hidangan tradisional yang bahkan tidak terhitung jumlahnya. Indonesia menjadi salah satu negara dengan keanekaragaman kuliner yang mulai dikenal di mancanegara.

Tak hanya sekedar rendang, soto atau nasi goreng saja. Di balik barisan makanan populer tersebut, terdapat warisan kuliner Nusantara yang membuat banyak orang Indonesia merasa bangga, sekaligus bersyukur bisa terlahir menjadi orang Indonesia.

Baca Juga: Ini Makanan yang Dirindukan Netizen Saat Rayakan Idul Adha di Rumah

Lewat unggahan foto dari Twitter @hibooran, muncul pertanyaan makanan Indonesia apa yang membuat netizen merasa bangga menjadi orang Indonesia. Tak butuh waktu lama, ribuan komentar netizen masuk dipenuhi dengan daftar panjang makanan tradisional yang mereka sukai.

5 Rumah Makan Nasi Kapau Enak di Sekitar Jakarta, Mampir Yuk!Makanan Indonesia. Foto: dok. detikFood

"Karena saya orangnya simple, makanan kesukaannya pun sederhana. Ada sayur kelor, sambal terasi atau tomat, lauknya pakai ikan tongkol, tempe dan tahu," jawab @bagus_a**, lengkap dengan foto makan siang kesukaannya yang bikin lapar.

Berbeda dengan Bagus yang sederhana, lain halnya dengan pengguna Twitter @itulah_nama**. Ia menuliskan daftar panjang makanan tradisional kesukaannya, yang membuatnya bangga jadi orang Indonesia.

"Sambal kentang ati, ayam goreng kunyit atau lengkuas, sate kuah Kalimantan Barat, masakan Padang, semur, masakan Lebaran. Lalu ada pecel lele, nasi kuning dan uduk, mustofa, se'i, sate kambing, dendeng, jajanan pagi, bubur harus diaduk, gado-gado, pecel, ketoprak dan gorengan," tulis @itulah_nama** panjang lebar.

nasi uduk mpok faridanasi uduk khas Betawi Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Selain makanan mainsteream yang populer, banyak juga nih netizen yang rupanya suka hidangan khas daerah mereka yang masih jarang di dengar orang. Seperti akun Twitter @glhay**, yang membagikan hidangan bernama bubur opak samier khas Semarang.

"Aku nyebutnya bubur opat tekuk, ada juga yang nyebut bubur opak samier. Cuma ada di daerahku. Yummy, gak ada yang bisa ngalahin kenikmatannya," puji @glhay**.

Tak hanya makanan bubur atau populer saja, pengguna Twitter @desymart** contohnya. Ia menyebutkan hidangan dari daging babi yang membuatnya tak bisa berhenti makan.

nasi campur khas Balinasi campur khas Bali Foto: Infografis detikFood

"(Makanan) terenak ada lawar, balung babi, tum babi, dan be guling," lengkap dengan koleksi foto hidangan-hidangan tersebut.

Sementara komentar netizen lainnya ada yang asal, ada juga yang serius. Uniknya, meski memiliki masakan daerah yang digemari masing-masing. Hampir semua netizen di Twitter setuju, bahwa mie instan buatan Indonesia seperti Indomie dan Mie Sedaap, jadi salah satu alasan mengapa mereka bersyukur lahir di Tanah Air.

Sebelumnya, banyak netizen Twitter yang ikut curhat tentang keluh kesah mereka tak bisa ikut lomba makan kerupuk di 17 Agustus tahun ini. Ada yang kocak, ada juga yang bikin baper.

Baca Juga: Rindu Lomba Makan Kerupuk, Netizen Twitter Kompak Curhat Kocak



Simak Video "Kelezatan Hidangan Indonesia Diperkenalkan ke Wisman"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com