ADVERTISEMENT

Nasi Rames Nusantara

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 18 Agu 2021 18:30 WIB
5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong
Foto: detikfood

2. Nasi krawu

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: detikfood

Racikan nasi rames khas Jawa Timur selanjutnya adalah nasi krawu dari Gresik. Kata 'krawu' berarti 'mengambil dengan tangan'. Racikan nasi putih yang disajikan dengan daun pisang ini memang paling sedap dimakan langsung dengan tangan.

Nasi krawu punya banyak lauk. Ada irisan daging sapi, usus, babat, paru, serta pelengkap serundeng. Tak ketinggalan sambal petis yang membuat rasanya makin nikmat.

Kalau kamu mau tambah lauk seperti tempe tahu bacem dan aneka sate, juga bisa. Nasi krawu punya dua versi yaitu basah dan kering. Kalau basah, racikan nasi rames ini bakal ditambahkan kuah.

Baca Juga: Sumber Asli: Sedep Miroso Nasi Krawu dan Bakmi Godog Mlekoh

3. Nasi sodu

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: Instagram cemalcemilsitubondo

Belum banyak orang tahu kalau Situbondo punya racikan nasi rames enak bernama nasi sodu. Kuliner ini bahkan pernah dipromosikan Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagramnya.

Nasi sodu juga disajikan dengan daun pisang. Isiannya ada sayur labu kuning, kuah santan berisi jagung dan kacang panjang, ikan tongkol, labu kuning, hingga sambal cengi.

Sambal cengi merupakan sambal berisi potongan mentimun dan kecambah (tauge). Nasi sodu mudah ditemui di kecamatan Asembagus. Biasanya disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT