5 Makanan Indonesia yang Identik dengan Hari Kemerdekaan RI

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 17 Agu 2021 13:03 WIB
nasi tumpeng Foto: iStock
Jakarta -

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap 17 Agustus. Ada beberapa makanan khas Indonesia yang identik dengan Hari Kemerdekaan RI, apa saja?

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-76 jatuh pada hari ini, (17/8/2021). Masyarakat Indonesia tentunya menyambut dengan sukacita dan biasanya melakukan beberapa kegiatan seru seperti mengadakan perlombaan.

Tak hanya perlombaan saja yang menjadi ciri khas perayaan HUT RI setiap tahunnya. Ada juga beberapa makanan yang disajikan saat Hari Kemerdekaan tiba.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan Indonesia yang identik dengan Hari Kemerdekaan RI.

1. Nasi Tumpeng

nasi tumpengnasi tumpeng Foto: iStock

Nasi tumpeng salah satu yang menjadi identik dari perayaan Hari Kemerdekaan RI. Nasi berbentuk kerucut dengan sajian beberapa lauk lezat ini memang sering disajikan untuk acara syukuran, tak terkecuali perayaan HUT RI setiap tahunnya.

Nasi tumpeng yang disajikan biasanya berupa nasi kuning, namun ada juga yang membuatnya dengan warna merah putih seperti bendera Indonesia. Disajikan di atas tampah besar dengan beragam lauk pauk mengelilingi nasi tumpeng.

Lauk yang disajikan di antaranya adalah ayam goreng, baceman tahu tempe, sambal goreng, telur balado, urap sayur, hingga perkedel. Nasi tumpeng ini juga kerap dijadikan ajang perlombaan HUT RI.

Baca Juga: 5 Filosofi Tumpeng Untuk Perayaan Kemerdekaan 17 Agustus

2. Bubur Merah Putih

bubur merah putih adalah paduan bubur beras berwarna merah dan putih. Namun warna merah yang dimaksud bukanlah merah terang melainkan lebih kecokelatan. Ini karena bubur merah dibuat dengan gula merah.bubur merah putih adalah paduan bubur beras berwarna merah dan putih. Namun warna merah yang dimaksud bukanlah merah terang melainkan lebih kecokelatan. Ini karena bubur merah dibuat dengan gula merah. Foto: Zulfaza Loves Cooking/CookPad/Satu Islam

Aneka bubur manis khas Nusantara terkenal lezat. Salah satu jenisnya yang menjadi identik Hari Kemerdekaan RI adalah bubur merah putih. Seperti namanya, bubur manis ini disajikan dengan warna merah dan putih.

Bukan warna merah mencolok, melainkan menggunakan gula merah (gula Jawa) sebagai pewarna dan rasa manisnya. Bubur merah putih ini terbuat dari bahan utama beras ketan. Bubur merah putih ini disajikan di atas piring atau mangkuk.

Bubur ketan gula merah diletakkan terlebih dahulu, barulah diletakkan bubur putih di atasnya. Untuk mempercantik tampilan, dtambahkan irisan daun pandan di bagian tengahnya. Selain identik dengan HUT RI, bubur merah putih juga acap kali disajikan untuk acara syukuran.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Wujud Surabi Jumbo Merah Putih, Kado HUT ke-76 RI"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com