Loka Anjoroi, Menu Sarapan dari Sulawesi Barat yang Bisa Atasi Maag

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 17 Agu 2021 08:00 WIB
Loka Anjoroi, Menu Sarapan dari Sulawesi Barat yang Bisa Atasi Maag Foto: Istimewa
Jakarta -

Dikenal dengan sumber daya alam dan destinasi wisatanya yang indah, Sulawesi Barat juga punya kuliner unik. Salah satunya Loka Anjoroi, menu sarapan khas Mandar yang diklaim ampuh untuk atasi sakit maag.

Sulawesi Barat dikenal dengan keindahan alamnya yang seringkali diincar sebagai destinasi wisata. Terutama kehidupan di bawah lautnya yang sangat indah membuat pulau Sulawesi, pada umumnya, memiliki daya tarik wisata yang begitu tinggi.

Selain wisatanya, wilayah Sulawesi juga memiliki beragam kuliner enak yang khas dan patut dicoba. Ada bubur tinutuan, palu butung, hingga kuliner unik yang bernama loka anjoroi.

Loka anjoroi dinobatkan sebagai salah satu kuliner primadona di wilayah Sulawesi Barat. Hidangan yang berasal dari Polewali Mandar ini jadi hidangan spesial bagi masyarakat Mandar yang hampir setiap hari disajikan.

Baca juga: Nyamm! Pepes Sarang Lebah dan Gogos yang Unik dari Polewali Mandar

pisangpisang Foto: iStock

Terbuat dari pisang kepok sebagai bahan utamanya, loka anjoroi memiliki cita rasa yang unik dan tidak akan ditemukan pada hidangan-hidangan lainnya. Untuk membuat loka anjoroi pisang kepok akan dicampurkan dengan kuah santan kental.

Keunikan lain yang terdapat pada loka anjoroi adalah proses pembuatannya. Alih-alih dikupas kulitnya, loka anjoroi terbuat dari pisang kepok yang kulitnya ikut serta direbus hingga matang. Setelah matang barulah kemudian kulit pisangnya dikupas.

Setelah dikupas, pisang akan kembali direbus dengan kuah santannya yang kental. Untuk menambahkan rasa gurih, loka anjoroi akan ditambah sedikit garam. Pisang dan santan akan diaduk hingga tercampur rata kemudian disajikan setelah cukup matang.

Tidak hanya memiliki rasa gurih dari santan dan garam, untuk penyuka makanan pedas loka anjoroi juga bisa ditambahkan sambal agar lebih nikmat. Bahkan di daerah asalnya, kabupaten Polewali Mandar, loka anjoroi juga biasa disajikan dengan sambal terasi maupun sambal tumis.

Loka Anjoroi, Menu Sarapan dari Sulawesi Barat yang Bisa Atasi MaagLoka Anjoroi, Menu Sarapan dari Sulawesi Barat yang Bisa Atasi Maag Foto: Istimewa

Loka anjoroi menjadi hidangan sarapan yang paling digemari oleh masyarakat Mandar. Rasanya belum terasa lengkap jika di pagi hari tak ada loka anjoroi yang disediakan di rumah-rumah masyarakat Mandar.

Selain menjadi penganan sarapan yang istimewa, loka anjoroi ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat untuk tubuh. Loka anjoroi diklaim dapat mengatasi penyakit lambung seperti maag dan gerd.

Manfaatnya dapat mengatasi gangguan pada lambung ini berasal dari kandungan antasida alami yang ada pada pisang kepok. Kandungan tersebut dapat menekan lonjakan asam lambung yang terjadi pada penderita maag maupun gerd.

Mengatasi lonjakan asam lambung dengan pisang kepok ini juga dinilai sebagai cara alami yang lebih sehat. Sejak masa lampau pisang kepok, khususnya olahan loka anjoroi, ini telah dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat Mandar sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit maag.

Baca juga: Kota Majene Punya 5 Makanan Khas yang Enak Mantul



Simak Video "Uniknya Makanan Tradisional Jepa yang Disebut Pizza Dari Tanah Mandar"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com