5 Jajanan Tradisional Jawa yang Enak Ini Sudah Jarang Ditemukan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 17 Agu 2021 11:00 WIB
5 Jajanan Tradisional Jawa yang Enak Ini Sudah Jarang Ditemukan Foto: detikfood
Jakarta -

Beberapa jajanan tradisional Jawa atau jajan pasar ini disebut-sebut hampir punah sebab jarang dijual. Ada clorot yang legit manis hingga kipo khas Kotagede yang bikin nostalgia!

Membicarakan jajan pasar, kue basah, atau jajanan tradisional di pulau Jawa seolah tak ada habisnya. Ada begitu banyak makanan nikmat yang sudah ada sejak zaman dulu dan jadi favorit banyak orang.

Namun sayangnya tak semua jajanan tradisional mudah ditemukan di zaman sekarang. Penjual-penjualnya sudah semakin sedikit dan popularitasnya kian menurun seiring kemunculan banyak jajanan modern.

Seperti halnya lima jajanan tradisional Jawa ini yang semakin sulit ditemukan. Sebut saja grontol khas Jawa Tengah. Jajanan berbahan jagung manis rebus ini padahal punya rasa yang nikmat.

Ada juga kipo yang bikin kangen karena rasanya sederhana, namun nikmat. Jajanan berbahan beras ketan ini berisi nangka hingga gula merah yang nikmat. Penjual kipo tak banyak, termasuk di daerah asalnya, Kotagede.

Dirangkum detikfood dari berbagai sumber, inilah 5 jajanan tradisional Jawa yang sudah jarang ditemukan:

1. Clorot

5 Jajanan Tradisional Jawa yang Enak Ini Sudah Jarang Ditemukan5 Jajanan Tradisional Jawa yang Enak Ini Sudah Jarang Ditemukan Foto: detikfood

Clorot adalah jajanan pasar khas Purworejo, Jawa Tengah yang sudah mulai langka dan sulit ditemukan. Clorot yang disebut 'dumbek' ini punya banyak penggemar di Yogyakarta. Penjualnya sedikit, salah satunya ada di kawasan Pasar Pathuk.

Bentuk clorot sangat khas karena menyerupai kerucut. Panganan yang sudah ada sejak zaman dulu ini terbuat dari tepung berasn dan gula merah sebagai bahan utamanya. Teksturnya lembut kenyal dengan rasa manis yang enak.

Clorot dibungkus daun kelapa atau janur kuning yang diulin sedemikian rupa hingga menyerupai terompet kecil. Untuk memakannya, lingkaran daun kelapa dibuka sambil dipencet bagian bagian bawahnya Nantinya clorot perlahan keluar dari pembungkusnya.

Baca Juga: Cara Unik Pembuatan Clorot, Jajan Pasar yang Legit Enak

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com