5 Asupan Makanan Ini Bikin Tubuh Sering Terasa Capek

Devi Setya - detikFood Senin, 16 Agu 2021 06:00 WIB
Setelah Minum Kopi Tubuh Jadi Lelah Foto: iStock
Jakarta -

Bukan hanya aktivitas fisik saja yang membuat badan terasa capek dan lelah. Ternyata rasa capek ini juga dipengaruhi oleh asupan makanan.

Makanan memberi peran besar pada kesehatan. Semakin sehat asupan makanan maka semakin berkualitas juga kesehatan tubuh. Tubuh bugar dan tidak mudah capek atau lelah

Kelelahan adalah gejala umum dari beberapa kondisi dan penyakit serius, tetapi dalam kebanyakan kasus ternyata rasa lelah ini disebabkan oleh faktor gaya hidup, termasuk efek dari makanan.

Dilansir dari Healthline (13/8) seseorang yang merasa selalu capek padahal tak banyak melakukan aktivitas fisik, kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi mental dan asupan makanan yang dikonsumsi.

Sebut saja misalnya terlalu banyak makan sumber karbo, kekurangan protein dan dehidrasi menjadi penyebab tubuh merasa capek. Solusinya adalah penuhi kebutuhan nutrisi harian agar tubuh tetap fit dan bugar saat beraktivitas.

Berikut beberapa asupan makanan yang membuat tubuh sering capek:

1. Terlalu banyak mengasup karbohidrat


Karbohidrat memang bisa menjadi sumber energi yang cepat. Makanan yang mengandung tinggi karbohidrat akan membuat tubuh memecahnya menjadi gula, yang kemudian dapat digunakan sebagai energi.

Namun, makan makanan tinggi karbo dalam jumlah terlalu banyak justru bisa menyebabkan kamu merasa lelah sepanjang hari. Ketika gula dan karbohidrat olahan dikonsumsi, dua zat ini menyebabkan peningkatan gula darah dengan cepat.

Kondisi ini membuat pankreas bekerja ekstra menghasilkan sejumlah besar insulin untuk mengeluarkan gula dari darah dan masuk ke sel. Lonjakan kadar gula darah ini dapat membuat tubuh merasa lelah.

Untuk menjaga tingkat energi agar tetap stabil, ganti gula dan makanan sumber karbohidrat dengan makanan kaya serat, seperti sayuran dan kacang-kacangan. Makanan tinggi serat juga membuat perut merasa kenyang lebih lama serta membantu melancarkan sistem pencernaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bocah di Sukabumi Berjualan Makanan Tradisional Demi Bantu Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com