5 Makanan yang Bikin Marah dan Makanan untuk Meredakannya

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 18 Jul 2021 06:00 WIB
Crunchy Pickled Japanese Plum. Foto: Getty Images/iStockphoto/bungoume
Jakarta -

Beberapa orang sering kali mudah emosi dan marah. Penting untuk mengenali makanan yang bikin marah dan makanan untuk meredakannya.

Pada beberapa kesempatan, emosi seringkali tiba-tiba melonjak. Beberapa orang mudah marah bahkan hanya karena masalah kecil yang sepele.

Ternyata menurut para ahli gizi, emosi bukan hanya dipengaruhi oleh suasana hati. Beberapa makanan juga diketahui dapat memicu emosi dan kemarahan, namun beberapa lainnya dianggap dapat meredakan emosi.

Makanan juga dihubungkan dengan pengaruhnya terhadap suasana hati dan beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa apa yang dimakan dapat memengaruhi emosi seseorang. Makanan yang tinggi akan lemak trans dan rendah omega 3 bahkan dikaitkan dengan pemicu emosi dan dapat meningkatkan risiko depresi.

Berikut ini 5 makanan yang bikin marah menurut Boldsky:

Tomat diputuskan pengandilan termasuk sayuranFoto: iStock

1. Tomat

Dianggap sebagai makanan yang 'panas', tomat dikatakan mampu meningkatkan suhu tubuh. Meningkatnya suhu tubuh setelah mengonsumsi tomat juga dikaitkan dengan pemicu emosi yang membuat orang lebih mudah marah.

Tomat sebagai salah satu makanan panas dianggap mengandung elemen api yang pada beberapa kepercayaan dikatakan dapat memicu emosi dan kemarahan. Tetapi tomat juga seharusnya tidak dihindari dan lebih baik diseimbangkan dengan konsumsi makanan yang dingin seperti air kelapa.

2. Kembang Kol

Makanan seperti brokoli atau kembang kol, kol dan kecambah dikatakan dapat meningkatkan kadar udara di dalam tubuh. Tidak jarang efek samping seperti kembung seringkali dirasakan setelah mengonsumsi sayuran-sayuran ini.

Bukan hanya menyebabkan kembung, ternyata sayuran atau makanan yang dapat meningkatkan kadar udara di dalam tubuh juga bisa memicu emosi. Hal tersebut yang membuat orang akan mudah marah setelah mengonsumsi deretan sayuran tersebut.

Baca juga: Redam Rasa Kecewa dan Sedih dengan Konsumsi 10 Makanan Enak Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com