Masak Gulai Lidah Sapi, Bule Ini Tuai Pro Kontra Netizen Australia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 16 Agu 2021 13:00 WIB
Masak Gulai Lidah Sapi, Bule Ini Tuai Pro Kontra Netizen Australia Foto: Facebook/Site
Jakarta -

Masak gulai lidah sapi, bule Australia ini justru dianggap memasak hidangan yang menjijikkan. Masakannya menuai pro kontra di kalangan netizen Australia.

Di Asia, lidah sapi jadi salah satu bagian daging sapi yang cukup mahal. Popularitas lidah sapi ini biasanya dijadikan sebagai lauk utama pengganti daging. Seperti di Indonesia, di mana tren olahan daging lidah sapi dimasak menjadi menu rice bowl kekinian, masakan rumahan siap saji, sampai makanan frozen.

Baca Juga: Ini 5 Bakso Topping Jeroan yang Komplet, Ada Babat hingga Usus Sapi!

Namun rupanya hal ini berbeda jauh dengan orang-orang di luar Asia. Dilansir dari Daily Mail UK (15/08), salah satu pengguna Facebook yang nama akunnya tidak disebutkan mengunggah kreasi masakan rumahannya.

Ia memasak sup kental sejenis gulai dengan menggunakan bagian lidah daging sapi. Resep ini menimbulkan pro dan kontra bagi orang-orang yang melihatnya.

Saat itu sang pengguna Facebook memamerkan lidah sapi utuh yang belum diolah. Menu gulai lidah sapi ini ia masak sebagai menu yang cocok untuk diolah saat berkemah di luar ruangan.

Menu ini diolah dengan teknik sederhana yaitu lidah sapi direbus dengan bawang bombai, lada, garam, cengkeh dan daun salam untuk menghilangkan aroma amisnya.

Masak Gulai Lidah Sapi, Bule Ini Tuai Pro Kontra Netizen AustraliaMasak Gulai Lidah Sapi, Bule Ini Tuai Pro Kontra Netizen Australia Foto: Facebook/Site

Setelah bagian kulit lidah terkelupas karena direndam selama tiga jam, lidah daging sapi kemudian diiris tipis, lalu ditumis dengan berbagai bumbu hingga kuahnya kental menyerupai gulai.

"Sebenarnya tak perlu sampai harus makan daging lidah sapi, karena bagian daging sapinya sendiri yang lain masih banyak," komen salah satu netizen.

"Ini salah. Seharusnya lidah sapi itu direbus selama 10 jam dengan bebatuan. Ketika sudah matang baru dipanggang," canda salah satu netizen.

"Kalau saya lebih mending menjilat permukaan toilet, dibandingkan memakan lidah daging sapi. Meski sudah diolah menjadi gulai," kritik netizen lainnya.

Masak Gulai Lidah Sapi, Bule Ini Tuai Pro Kontra Netizen AustraliaMasak Gulai Lidah Sapi, Bule Ini Tuai Pro Kontra Netizen Australia Foto: Facebook/Site

Meski begitu banyak juga yang bilang bahwa rasa daging lidah sapi itu enak. Tak hanya lidah, banyak juga orang Australia yang suka makan sop buntut dari kanguru.

Lidah sapi sejak dulu dikenal mengandung asam lemak, seng, zat besi, kolin, dan vitamin B12. Menu ini bermanfaat untuk mendukung kesehatan wanita hamil dan orang-orang yang baru sembuh dari penyakit panjang.

Baca Juga: Sedapnya Lidah Sapi Panggang hingga Taco Lidah Sapi di 5 Tempat Ini



Simak Video "Bikin Laper: Sei Lidah Sapi Sambal Matah dan Sei Buntut Lada Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com