Bebek Goreng & Bakar Mantul

4 Trik Bikin Bebek Goreng Khas Bali yang Garing dan Gurih

Diah Afrilian - detikFood Senin, 16 Agu 2021 12:30 WIB
4 Trik Bikin Bebek Goreng Khas Bali yang Garing dan Gurih Foto: iStock
Jakarta -

Bebek goreng khas Bali punya tekstur renyah dengan rasa gurih yang enak. Ternyata ada trik untuk menyajikan bebek goreng yang nikmat ini.

Bebek goreng khas Bali dikenal dengan kelezatannya yang tak ada duanya. Bumbunya yang sedap begitu meresap ke dalam daging-dagingnya.

Bumbu dasar pembuatan bebek goreng khas Bali ini menjadi kunci utama yang membuat bebek memiliki rasa yang sedap serta tidak amis. Selain rasanya yang sedap meresap, bebek goreng khas Bali juga punya tekstur yang cenderung lebih garing dibandingkan dengan bebek goreng biasanya.

Ternyata ada bumbu dan cara pengolahan khusus untuk mendapatkan bebek yang bumbunya meresap hingga teksturnya yang renyah dan tetap empuk.
Untuk membuat bebek goreng khas Bali seenak di restoran-restoran Bali, empat trik berikut bisa dicontek.

1. Bumbu Base Genep

4 Trik Bikin Bebek Goreng Khas Bali yang Garing dan Gurih4 Trik Bikin Bebek Goreng Khas Bali yang Garing dan Gurih Foto: iStock

Base genep merupakan bumbu khas Bali yang digunakan hampir pada setiap masakan-masakan Bali. Bumbu ini terdiri dari campuran 12 macam bumbu dapur dan rempah. Base genep juga bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Pertama-tama siapkan lengkuas 10 gram, kencur 5 gram, cabai merah 40 gram, jahe 20 gram, bawang merah 20 gram, bawang putih 15 gram, kunyit
6 gram, serai 1 batang, ketumbar 4 gram, cabai rawit 10 gram, kemiri 20 gram, terasi, daun salam serta jeruk limau. Bumbu dapur ini kemudian bisa dihaluskan baik secara manual maupun dengan menggunakan blender.

Takaran bumbu seperti yang disebutkan akan menghasilkan 150 gram bumbu base genep yang siap diolah bersama dengan bebek. Bumbu base genep ini
merupakan resep warisan leluhur yang digunakan secara turun temurun untuk memasak hidangan makanan sehari-hari.

Baca juga: 5 Cara Masak Bebek Goreng Empuk dan Tidak Amis

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com