Bebek Goreng & Bakar Mantul

5 Cara Masak Bebek Goreng Empuk dan Tidak Amis

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 11 Agu 2021 08:30 WIB
Cara masak bebek goreng Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bebek goreng bisa dimasak sendiri. Tetapi perlu memperhatikan beberapa hal agar bebek goreng empuk dan tidak amis. Cek tip memasaknya berikut ini.

Bebek goreng sama populernya dengan ayam goreng di Pulau Jawa. Ada bebek goreng gagrak Surakarta dan Surabaya yang terkenal gurih, renyah, dan disajikan dengan sambal khas yang sedap.

Kalau ingin memasak bebek goreng sendiri di rumah caranya tidak rumit. Apalagi jika ingin membuat bebek goreng seenak buatan restoran. Empuk dagingnya, renyah dan tidak amis aromanya.

Karena, bebek memiliki aroma amis yang cukup tajam. Dagingnya juga lebih tebal maka kalau tidak memasak dengan cara yang tepat hasilnya pasti kurang memuaskan.

Perhatikan 5 cara memasak bebek goreng empuk dan tidak amis.

1. Pakai bebek muda

Cara masak bebek gorengCara masak bebek goreng Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak hanya menyoal bumbunya saja yang perlu diperhatikan, tapi jenis bebek yang digunakan juga salah satu kunci kenikmatan dari bebek goreng itu sendiri. Bebek goreng yang tidak alot bisa ditentukan dari usia bebeknya.

Sebaiknya kamu membeli bebek yang masih muda. Pastikan usianya sedang, jadi tidak terlalu muda ataupun tua. Karena, semakin tua usia bebek maka tekstur dagingnya jadi semakin keras dan alot.

Bebek segar bisa dibeli dalam bentuk karkas, bebek utuh yang sudah dipotong. Daging bebek segar memiliki warna putih dengan bagian kakinya yang terlihat lentur dan dadanya gemuk berisi. Jangan membeli bebek dalam kondisi daging yang menyusut dan berbau amis.

Atau beli bebek hidup dan minta penjualnya menyembelih langsung, membersihkan isi perut dan bulunya dan memotong-motong sesuai selera.

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner Raffi Ahmad dan Nagita yang Bangkrut, Ada Kue hingga Mie!

2. Bersihkan bulu bebek

Kisah Mak Isa Sukses Jualan Nasi Bebek Madura Bumbu Hitam di Jakartabebek goreng Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Jika membeli bebek yang disembelih langsung, pastikan bulu halusnya sudah bersih. Kalau masih ada bulu yang tertinggal, kamu bisa membakarnnya sebentar di atas api hingga semua bulunya hilang.

Gosokkan garam kasar ke seluruh permukaan kulit bebek, lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih. Kulit bebek tentunya berbeda dengan ayam, karena cenderung tebal dan lebih keras.

Pisahkan dengan jeroannya dan potong bagian brutu (pantat) bebek. Karena bagian ini mengandung banyak minyak yang bisa menimbulkan aroma tidak sedap pada bebek.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bebek Goreng Perdikan yang Gurih Juicy di Setiabudi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com