Cak Malik Ungkap Rahasia Bebek Madura Bumbu Hitam yang Mantul

Devi Setya - detikFood Minggu, 15 Agu 2021 16:00 WIB
Laris Manis! Nasi Bebek Cak Malik Langganan Orang Kantoran di Jakpus Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Bebek Madura berbumbu hitam memang diolah dengan trik khusus agar hasilnya enak. Proses masaknya juga lama agar bebek empuk dan bumbunya kental gurih.

Racikan bebek goreng khas Madura memang berbeda, bebek goreng yang umumnya dipotong kecil ini disajikan dengan bumbu kental berwarna cokelat gelap hingga hitam. Disantap hangat dengan sepiring nasi paling mantul.

Membuat bumbu bebek Madura ternyata tak bisa sembarangan. Karena kalau prosesnya salah maka bumbunya tak akan enak dan tidak kental.

Kepada detikFood (12/8), Cak Malik membeberkan rahasianya. Sebelum meracik bumbu khas Madura, sebaiknya merebus dulu bebek hingga matang. Proses merebus bebek dengan bumbu atau mengungkep bebek ini membutuhkan waktu hingga 3 jam.

Laris Manis! Nasi Bebek Cak Malik Langganan Orang Kantoran di JakpusLaris Manis! Nasi Bebek Cak Malik Langganan Orang Kantoran di Jakpus Foto: detikFood/Devi S. Lestari

"Prosesnya lama, nggak bisa sebentar. Bebeknya dulu direbus sampai empuk, tiga jam. Rebus biasa, nggak pakai panci presto. Karena kalau bebek dipresto itu dagingnya jadi kayak kapas. Nggak enak," ujar Cak Malik.

Untuk bumbu ungkep juga Cak Malik mengaku menggunakan banyak rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit dan bumbu dapur lainnya. Inilan yang membuat daging bebek bukan hanya empuk tapi juga terasa gurih serta tak bau amis.

Cak Malik yang berjualan nasi bebek sejak tujuh tahun lalu ini memilih menggunakan jenis bebek lokal karena teksturnya pas jika dipadukan dengan bumbu Madura.

Usai diungkep, Cak Malik mengatakan tidak membuang air bekas ungkepan bebek. Air kaldu inilah yang dijadikan campuran untuk membuat bumbu khas Madura.

Prosesnya tak kalah lama, bumbu Madura ini harus dimasak perlahan dengan api kecil sambil terus diaduk. "Istilahnya kayak orang lari, kalau terlalu cepat jadi gosong, kalau terlalu lama ya nggak sampai-sampai. Artinya apinya harus pas. Kalau nggak sabar, api besar bisa gosong. Kalau api terlalu kecil ya nggak matang-matang," beber Cak Malik.

Proses memasak perlahan inilah yang membuat bumbu bebek lama-kelamaan berwarna cokelat gelap. Minyak dan kaldu bebek yang jadi campuran bumbu juga menjadi rahasia kelezatannya.

Laris Manis! Nasi Bebek Cak Malik Langganan Orang Kantoran di JakpusLaris Manis! Nasi Bebek Cak Malik Langganan Orang Kantoran di Jakpus Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Ada beberapa versi bumbu nasi bebek Madura, ada yang sudah terasa pedas namun ada juga yang hanya gurih asin. Racikan Cak Malik ini termasuk yang versi gurih asin karena ia mengolah sambalnya secara terpisah.

Jadi untuk bumbu bebek Madura Cak Malik memang tidak pedas, rasa pedasnya berasal dari sambal hijau yang bisa ditambahkan sesuai selera.

"Buat pedasnya dari sambal, boleh atur sendiri pedasnya karena setiap orang beda-beda sukanya," pungkas pria asli Madura ini.



Simak Video "Dimasak Sepenuh Hati Jadi Kunci Nasi Bebek Cak Malik Berasa Nikmat!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com