Mie Paling Endes

Selain Pad Thai, 5 Mie Thailand Ini Juga Tak Kalah Enak

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 07 Agu 2021 12:00 WIB
Selain Pad Thai, 5 Mie Thailand Ini Juga Tak Kalah Enak Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

Pad Thai terkenal sebagai mie enak dari Thailand. Negeri Gajah Putih ini juga punya ragam mie enak lainnya yang berbumbu rempah tradisional yang sedap.

Dekat dengan Indonesia, Thailand jadi destinasi liburan yang cukup sering dikunjungi oleh orang Indonesia. Tak heran banyak restoran hingga tempat makan khas Thailand yang bisa ditemui di Indonesia.

Nah, bagi penggemar mie sekaligus hidangan khas Thailand. Negara ini punya banyak racikan mie yang enak dan sayang untuk dilewatkan jika sedang berkunjung ke sana.

Mulai dari Phat si-io yang mirip seperti mie lebar atau kwetiau. Kemudian ada Kuai-tiao ruea, mie kecil tipis yang menggunakan bakso hingga tauge.

Dilansir dari TasteAtlas (05/08), berikut lima mie khas Thailand selain Pad Thai yang enak.

Baca Juga: 7 Olahan Mie Paling Populer di Asia Versi TasteAtlas, Ini Daftarnya!

1. Kao Soi

Selain Pad Thai, 5 Mie Thailand Ini Juga Tak Kalah EnakSelain Pad Thai, 5 Mie Thailand Ini Juga Tak Kalah Enak Foto: Getty Images/iStockphoto

Mirip seperti mie kari, hidangan Kao Soi ini berasal dari utara Thailand. Cukup populer karena kuah dasarnya bukan berasal dari kaldu, melainkan dari santan. Agar rasanya gurih dicampur dengan kaldu dari daging sapi, babi, atau ayam.

Kemudian ditambahkan pasta kari merah khas Thailand, agar rasanya cukup pedas. Kao Soi disajikan dengan mie kering yang digoreng garing, kemudian dipotong-potong menyerupai stik.

Tambahan daun ketumbar hingga irisan daging sapi, ayam, atau babi membuat rasa mie krispi ini jadi lembut dan menyerap ke kuah kaldu santan yang kental.

2. Kuai-tiao ruea

Selain Pad Thai, 5 Mie Thailand Ini Juga Tak Kalah EnakSelain Pad Thai, 5 Mie Thailand Ini Juga Tak Kalah Enak Foto: Getty Images/iStockphoto

Kuai-tiao rue disebut juga boat noodle atau mie di atas perahu. Karena dulu penjual Kuai-tiao ruea ini kebanyakan mengenakan perahu, yang mengarungi kanal-kanal di Bangkok.

Untuk kuahnya menggunakan kaldu sapi yang kuat, kemudian ditambah dengan topping yang enak seperti bakso ikan atau bakso daging, irisan daging sapi atau babi, sampai tambahan liver babi.

Untuk jenis mienya, menggunakan mie tipis yang garing, teksturnya kenyal namun tidak gampang hancur. Ciri khas lainnya juga terletak pada darah babi yang dijadikan campuran terakhir di mie ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com