Di Los Angeles Ada Pasar Kaki Lima, Jual Es Serut hingga Rujak

Devi Setya - detikFood Jumat, 06 Agu 2021 19:30 WIB
Di Los Angeles Ada Pasar Kaki Lima, Jual Es Serut hingga Rujak Foto: youtube M. Hidayat
Jakarta -

Los Angeles terkenal sebagai kawasan elit dan mewah, tapi ternyata ada sudut wilayah yang dipenuhi pedagang kaki lima. Sekilas pasar ini mirip di Indonesia.

Pasar kaki lima di Indonesia kerap juga disebut pasar kaget, keberadaannya cukup banyak dan bisa dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata pasar seperti ini juga ada di Los Angeles, Amerika Serikat.

Pasar yang dipenuhi penjual kaki lima ini menyediakan berbagai kebutuhan harian mulai dari makanan, pakaian hingga berbagai aksesoris. Seorang pria Indonesia yang tinggal di Los Angeles membagikan pengalamannya saat berjalan-jalan menyusuri kawasan pasar kaki lima ini.

Di Los Angeles Ada Pasar Kaki Lima, Jual Es Serut hingga RujakDi Los Angeles Ada Pasar Kaki Lima, Jual Es Serut hingga Rujak Foto: youtube M. Hidayat

Lewat channel youtubenya M Hidayat, pria ini merekam suasana pasar di Westlake, Los Angeles. Dalam video yang diunggah Juli 2021 ini Hidayat mengatakan kawasan West Lake ini memang terkenal sebagai area tempat tinggal masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Tak heran kalau di sini banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangan hanya mengandalkan meja kecil atau bahkan menggelarnya di pinggir trotoar. Banyak makanan yang dijual di sini dan beberapa orang menyebutnya sebagai area streetfood tempat berburu makanan murah.

"Di sini memang kawasannya orang-orang ekonomi menengah ke bawah. Jadi kalau di Los Angeles ada kawasan Beverly Hills yang mewah itu, ada juga kawasan Westlake yang isinya seperti ini," kata Hidayat.

Sambil berjalan-jalan, Hidayat juga sempat menunjukkan dan membeli beberapa jajanan. Ia mengatakan harga makanan di sini terbilang murah meriah.

Ia membeli segelas es serut yang terbuat dari jus buah. Harganya hanya $1 atau setara Rp 14 ribu. Ia juga membeli 'rujak buah' yang harganya $5 yakni sekitar Rp 70 ribu namun porsinya jumbo.

Tak hanya jajanan siap makan, di sini juga mudah dijumpai ibu-ibu yang menjual buah atau makanan siap saji seperti sosis, daging ayam kalkun, kentang beku, kacang polong dan beras.

"Ini biasanya mereka dapat bantuan dari pemerintah tapi dijual lagi. Ada beras, daging, buah. Ada pemerintah beberapa daerah gitu sering kasih bantuan untuk warga, biasanya di hari Jumat," ujar Hidayat.

Di Los Angeles Ada Pasar Kaki Lima, Jual Es Serut hingga RujakDi Los Angeles Ada Pasar Kaki Lima, Jual Es Serut hingga Rujak Foto: youtube M. Hidayat

Tak hanya jajan makanan yang langsung dimakan, Hidayat juga membeli satu pak strawberry segar seharga $1 (Rp 14 ribu).

"Murah banget strawberry 1 dolar kayak 14 ribu satu pak begini. Banyak makanan street food. Biasanya kalau yang jualan pakai tenda ini mereka orang asli kawasan ini. Tapi kalau yang hanya digelar di pinggir jalan, mereka pendatang dari kawasan lain," pungkas Hidayat.

Aksi tawar menawar pun dilakukan di sini, pedagang dan pembeli menawar harga yang cocok. Mirip di Indonesia ya!



Simak Video "Cerita Di Balik Kepopuleran Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com