ADVERTISEMENT

Mie Paling Endes

5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol

Devi Setya - detikFood
Jumat, 06 Agu 2021 10:30 WIB
5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol
Foto: Getty Images/iStockphoto/Eleonora Tuveri

2. Jadi makanan diet

Shirataki sangat rendah kalori dan karbohidrat jadi tak heran kalau para pelaku diet rendah karbo memilih shirataki sebagai makanan pokok.

Shirataki juga kerap jadi pilihan orang-orang yang memiliki alergi makanan, intoleransi makanan, atau kondisi pencernaan tertentu. Hal ini dikarenakan shirataki bebas dari zat yang dapat menimbulkan gejala alergi seperti gandum, telur dan bahan lain yang biasa terdapat pada mie.

Shirataki juga berfungsi sebagai pengganti mie populer seperti pasta, mie gandum, dan mie telur. Kini beras shirataki juga populer dikonsumsi sebagai pengganti beras biasa. Shirataki mengandung glukomanan yang berfungsi melancarkan pencernaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2020 di Obesity Medicine menemukan hubungan antara suplementasi glukomanan dan penurunan berat badan pada orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Glukomanan merupakan jenis serat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan perasaan kenyang.

5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol Foto: Getty Images/iStockphoto/Eleonora Tuveri

3. Menurunkan risiko diabetes

Mie shirataki memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah memakannya. Ini menjadikan shirataki sebagai makanan yang berguna bagi penderita pradiabetes, sindrom metabolik atau diabetes tipe 2, yang mungkin perlu membatasi asupan karbohidrat.

Menurut sebuah studi tahun 2015 kandungan glukomanan dalam ubi konjak dapat memperpanjang waktu untuk mencerna makanan, membantu orang merasa kenyang lebih lama dan berpotensi membantu mengurangi berat badan.

Shirataki juga membantu mengurangi kenaikan gula darah dalam tubuh. Dengan ini, shirataki dapat menjadi makanan potensial untuk diet bagi penderita diabetes tipe 2.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT