Serba-serbi Mie Shirataki, Makanan Lezat Sahabat Diabetesi

Yudistira Imandiar - detikFood Selasa, 04 Mei 2021 12:58 WIB
Mie Shirataki Foto: Shutterstock
Jakarta -

Diabetesi perlu selektif memilih pola dan jenis makanan yang boleh dikonsumsi, sehingga sering kali merasa terbatas. Akibatnya, sebagian diabetesi memilih untuk menyusun menu yang cenderung sama setiap harinya.

Padahal, variasi menu makanan tidak hanya penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang berbeda, tetapi juga bermanfaat untuk mengontrol pola makan dan membuat menu makanan tidak monoton. Alternatif berbagai jenis makanan juga tentunya akan lebih menyenangkan bagi diabetesi. Untuk menambah variasi makanan bagi diabetesi, yuk berkenalan dengan mie shirataki!

Mie shirataki adalah mie yang memiliki struktur panjang tipis dengan warna putih transparan (atau kecoklatan). Berdasarkan keterangan Japan Centre, mie shirataki berarti 'air terjun putih' dalam bahasa Jepang.

Melansir WebMD, mie shirataki berbeda dengan mie pada umumnya karena terbuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang diperoleh dari ubi tanaman konjak. Tanaman konjak merupakan tanaman yang umum ditemukan di daerah Asia Timur, seperti Jepang dan China, sehingga tak heran jika mie shirataki sudah banyak digunakan pada berbagai hidangan Jepang sejak dahulu. Kini, mie shirataki semakin populer digunakan sebagai pengganti mie dan pasta, yang biasanya terbuat dari tepung terigu.

Mengapa mie shirataki semakin digemari? Salah satu alasannya berkaitan dengan kandungan kalori yang rendah. Karena terbuat dari glucomannan yang dapat mengikat air dengan sangat baik, mie shirataki memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Bahkan, kandungan air pada mie shirataki dapat mencapai 97% dan sisa 3% dari komposisi mie shirataki adalah serat. Tak heran, 100 gram mie shirataki mengandung 9 Kalori saja, dan cocok menjadi pilihan untuk membatasi asupan kalori harian.

Tak hanya rendah kalori, mie shirataki juga tinggi serat yang lebih bermanfaat untuk diabetesi. Kandungan serat glucomannan dari ubi konjak pada mie shirataki berperan memperlambat laju pencernaan, dan mencegah kenaikan kadar gula darah secara drastis. Selain itu, menurut jurnal berjudul 'Health Benefits of Konjac Glucomannan with Special Focus on Diabetes', serat juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Manfaat lainnya, yakni menjaga kesehatan pencernaan dan memperlancar buang air besar.

Dengan segala kebaikannya, yuk jadikan mie shirataki sebagai bagian menu harian Anda. Kini sudah tersedia Tropicana Slim Shirataki Noodles yang rendah lemak, lebih rendah garam, tinggi serat dan hanya 100 kalori per saji, sehingga cocok untuk diet dan juga aman untuk diabetesi. Tak perlu khawatir tentang rasa, Tropicana Slim Shirataki Noodles memiliki rasa yang nikmat sehingga membantu mewujudkan pola hidup sehat tanpa perlu mengorbankan kenikmatan rasa.



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com