Mie Paling Endes

5 Mie Jawa Paling Enak, Ada Mie Godog hingga Mie Lethek

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 06 Agu 2021 12:00 WIB
Sumber Asli Cipete, Cicip Nasi Krawu dan Bakmi Godog Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

Mie juga termasuk makanan yang populer di Jawa. Ada beragam racikan mie dengan bumbu medoh yang sedap. Mulai dari mie kocok Bandung hingga mie lethek Bantul.

Hidangan mie dari Indonesia tersebar di berbagai daerah. Ragam racikannya juga unik. Ada yang digoreng hingga disajikan dengan kuah gurih hangat. Bahan pelengkapnya tak hanya menggunakan daging, tapi ada juga yang menggunakan tahu.

Setiap daerah di Pulau Jawa memiliki hidangan mie yang lezat. Seperti Bandung, Jawa Barat yang menyajikan mie kocok dengan topping kikil berkuah bening gurih. Hingga daerah Jawa Timur yang terkenal dengan hidangan mie ongklok yang kuahnya kental.

Berikut 5 hidangan mie populer di Jawa yang rasanya enak.

1. Mie Kocok

10 Resep Mie Tradisional Sedap, Mie Aceh hingga Mie Kocok Bandungmie kocok Foto: iStock

Bandung, Jawa Barat tak hanya terkenal dengan batagor dan seblaknya, tapi ada juga hidangan lezat yang terbuat dari mie. Adalah mie kocok yang terkenal di Bandung.

Mie kocok adalah hidangan mie basah yang disiram kuah kaldu sapi gurih segar. Satu porsi mie kocok biasanya disajikan dengan irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, dan bawang goreng. Paling nikmat mie kocok dinikmati dengan sambal yang pedas dan kerupuk kanji.

Banyak tempat makan mie kocok populer dan legendaris di Bandung. Sebut saja Mie Kocok Mang Dadeng yang selalu jadi incara para wisatawan. Tempat makan terkenal lainnya adalah Mie Kocok Persib hingga Mie Kocok Karawisata.

Baca Juga: Daftar Hadiah untuk Greysia dan Apriyani, Makan Gratis Seumur Hidup hingga Outlet Minuman

2. Bakmi Godog

Sumber Asli Cipete, Cicip Nasi Krawu dan Bakmi GodogSumber Asli Cipete, Cicip Nasi Krawu dan Bakmi Godog Foto: detikFood / Yenny Mustika Sari

Kulineran di Jawa Tengah atau Yogyakarta tak ada habisnya, ada hidangan mie yang terkenal di sana. Adalah bakmi godog atau mie godok. Hidangan ini sebenarnya hanyalah mie rebus, namun dicampurkan beragam bahan pelengkap.

Mie yang digunakan biasanya berupa mie basah atau mie telur. Agar racikannya makin nikmat ditambahkan ayam kampung suwir dan telur bebek yang diaduk merata bersama bumbunya. Aneka sayuran juga ditambahkan ke dalam bakmi godhog, seperti sawi hijau, irisan kol, daun bawang, seledri, hingga tomat.

Bakmi godog ini rasanya gurih dan berkuah keruh yang rasanya gurih. Tampilannya sangat menggoda selera dan paling enak kalau dinikmati selagi hangat. Tempat makan bakmi godog terkenal di Yogyakarta adalah Bakmi Mbah Gito.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com