Mie Paling Endes

5 Mie Enak dari Sumatera, Ada Mie Gomak hingga Mie Lendir

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 16:30 WIB
Hidangan Mie Khas Sumatera Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

4. Mie Bangka

mie ayam bangka untuk sarapanFoto: Instagram

Memiliki bentuk yang serupa dengan mie ayam, mie Bangka punya ciri khasnya sendiri yang ada pada racikan bumbu hingga bahan pelengkapnya. Jika dibandingkan dengan mie ayam yang banyak ditemui, mie Bangka cenderung memiliki rasa yang lebih gurih dengan rasa kaldu yang lebih kuat.

Mie Bangka biasanya disajikan bersama bakso sapi, pangsit rebus, pangsit goreng serta bakso ayam goreng. Mie Bangka yang asli juga akan dilengkapi dengan bawang putih goreng dan sambal tauco yang tidak dimiliki oleh jenis hidangan mie dari daerah lain.

Di Bangka, masyarakatnya biasa menambahkan potekan cabai rawit dan menambahkan perasan jeruk kunci untuk membuat mie Bangka semakin pedas dan segar. Dibuat dengan racikan kecap asin asli khas Bangka membuat rasa gurih dan asin yang dihasilkan pada semangkuk mie Bangka punya ciri khasnya sendiri dan banyak digemari.

5. Mie Lendir

Hidangan Mie Khas SumateraFoto: Istimewa

Disajikan dengan kuah kental berwarna cokelat membuat hidangan mie ini disebut mie lendir. Makanan khas Tanjungpinang, Kepulauan Riau ini kuahnya dibuat dari racikan yang berbeda dan tak biasa.

Kuah mie lendir dibuat dari kacang tanah dan ubi jalar yang membuat konsistensinya menjadi begitu kental. Dipadukan dengan mie kuning yang kenyal, rasanya semakin sempurna karena mie akan tetap kenyal tetapi menyerap bumbu kuah dengan sempurna.

Mie lendir biasanya akan disajikan bersama sebutir telur rebus yang menjadi sumber protein. Mie lendir yang gurih dan tidak terlalu pedas dengan kuah yang kental ini di daerah aslinya banyak dijajakan di kedai-kedai di Kota Batam. Namun tak perlu khawatir, jika penasaran ingin mencoba penjual mie lendir juga banyak yang berada di Jakarta dan daerah sekitarnya.

Baca juga: Dijemur hingga Ditarik, Ini 5 Mie Tradisional yang Populer di Dunia

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bergaya Bar Kontemporer, Resto Ini Punya Andalan Menu Mie Enak!"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com