Dijemur hingga Ditarik, Ini 5 Mie Tradisional yang Populer di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 28 Jul 2020 17:30 WIB
Mie Tradisional yang Populer di Dunia Foto: iStock/Ist
Jakarta -

Banyak negara yang memiliki mie tradisional yang sudah ada sejak dulu. Mie tradisional ini dibuat dengan berbagai cara unik dan bahan-bahan yang khas.

Sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, banyak ahli sejarah yang mengungkapkan bahwa mie pertama kali diciptakan di China dan menyebar ke seluruh dunia. Tak hanya di wilayah Asia saja, budaya makan mie juga erat di wilayah Eropa dan sekitarnya.

Tentunya mie yang dibuat berbeda dan memiliki ciri khas di setiap negara. Seperti di China contohnya, ada Suomian yaitu mie tradisional yang dibuat menggunakan tangan dan dijemur di bawah terik matahari.

Sementara di Thailand ada Khanom Chin yaitu mie berbahan dasar beras, yang difermentasi dan direbus selama tiga hari sebelum dimakan. Ada juga Su Filindeu, pasta paling langka di dunia karena semua prosesnya dibuat menggunakan tangan.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima mie tradisional di berbagai negara.

Baca Juga: 5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan

1. Su Filindeu

Mie Tradisional yang Populer di DuniaMie Tradisional yang Populer di Dunia Foto: iStock/Ist

Sardinia merupakan salah satu wilayah kepulauan di Italia yang memiliki banyak kuliner klasik enak. Salah satunya ada Su Filindeu, hidangan yang satu ini disebut sebagai pasta paling langka di dunia karena semua prosesnya dibuat menggunakan tangan.

Berbeda dengan jenis pasta lainnya, Su Filindeu memiliki tekstur yang sangat halus seperti benang. Arti nama dari Su Filindeu berarti 'Benang dari Tuhan', karena kehalusan dan kelembutan pasta buatan tangan yang satu ini.

Untuk membuat pasta ini dibutuhkan keahlian khusus serta kesabaran. Adonan pasta dibuat dari semolina gandum, air, dan garam. Setelah itu adonan harus dibuat elastis hingga jumlahnya mencapai 256 helaian tanpa terputus.

Sayangnya Su Filindeu terancam punah karena hanya tersisa tiga orang di Sardinia yang bisa membuatnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]