Gokil! Selama 38 Tahun, Pria Ini Makan 14 Sendok Vetsin Tiap Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 11:00 WIB
Gokil! Selama 38 Tahun, Pria Ini Makan 14 Sendok Vetsin Tiap Hari Foto: YouTube I M Shook
Jakarta -

Vetsin biasanya ditambahkan secukupnya ke dalam makanan, namun pria ini kecanduan vetsin. Selama 38 tahun, ia bisa mengonsumsi 14 sendok makan vetsin setiap hari! Seperti ini ceritanya.

Vetsin atau MSG atau micin adalah bumbu tambahan untuk menyedapkan masakan. Vetsin terbuat dari monosodium glutamat (MSG) sebagai bahan utamanya.

Biasanya vetsin ditambahkan secukupnya saat memasak. Bahan tambahan pangan ini aman dikonsumsi, namun sebaiknya tidak lebih dari 5 gram per hari.

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk konsumsi vetsin untuk kesehatan. Perlu diketahui, vetsin tinggi kandungan garam sehingga berisiko bagi kesehatan, terutama untuk penderita hipertensi dan penyakit ginjal.

Di Korea Selatan, ada seorang pria yang amat menyukai vetsin. Bisa dibilang ia sudah masuk dalam tahap 'kecanduan' sebab setiap hari tak bisa lepas dari bahan penyedap masakan ini.

Gokil! Selama 38 Tahun, Pria Ini Makan 14 Sendok Vetsin Tiap HariGokil! Selama 38 Tahun, Pria Ini Makan 14 Sendok Vetsin Tiap Hari Foto: YouTube I M Shook

Dikutip dari YouTube I M Shook (5/2/2020), pria ini bisa mengonsumsi sampai 14 sendok makan vetsin per hari. Ia menambahkan vetsin ke dalam makanan yang akan dilahapnya seperti sayuran, lauk pauk, dan bahkan nasi putih!

"Makanan paling enak di dunia adalah vetsin. Sangat enak. Terbaik!" katanya yang selalu membawa sekantong plastik besar vetsin di kantong.

Dalam video terlihat ia menambahkan 3 sendok vetsin ke dalam sup. Lalu untuk nasi putihnya ditambahkan 2 sendok vetsin. Setelahnya ia mengambil air putih dan ditambahkan vetsin pula!

Gokil! Selama 38 Tahun, Pria Ini Makan 14 Sendok Vetsin Tiap HariGokil! Selama 38 Tahun, Pria Ini Makan 14 Sendok Vetsin Tiap Hari Foto: YouTube I M Shook

"Saya juga butuh vetsin di air putih," katanya sambil mengaduk satu sendok vetsin di dalam segelas air. Momen yang bikin terkejut lainnya adalah ketika ia kedapatan ngemil vetsin!

Saat di mobil, ia mengeluarkan bekal sekantong vetsin. Kemudian ia mulai menjilati bubuk putih gurih ini, layaknya camilan.

Awal mula suka vetsin

Pria ini bercerita suatu malam, tepatnya sekitar 38 tahun lalu, ia pergi ke dapur untuk mengobati efek mabuknya.

Alih-alih gula pasir, ia tak sengaja memasukkan vetsin ke dalam racikan air minumnya! Ia lantas meminum air tersebut dan sejak itulah dirinya jatuh cinta dengan rasa vetsin.

"Minuman (dengan vetsin) menghilangkan rasa haus dan entah bagaimana membuat saya merasa lebih baik. Jadi saya minum air dengan vetsin sejak saat itu," katanya.

Kini dalam satu hari ia bisa mengonsumsi 14 sendok makan vetsin atau setara 200 gram vetsin. Jika dikalkulasikan, ia mengonsumsi 6 ribu gram vetsin per bulan, 72 ribu gram vetsin per tahun, dan sudah 2.774 kg vetsin dalam 38 tahun!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Selamat Hari MSG Sedunia!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com