5 Cara Makan Spaghetti yang Benar Seperti Orang Italia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Agu 2021 17:30 WIB
5 Cara Makan Spaghetti yang Benar Seperti Orang Italia Foto: Getty Images/cclickclick
Jakarta -

Meski bentuknya mirip mi, cara makan spaghetti ternyata berbeda dan punya etiket sendiri. Berikut cara makan spaghetti yang benar seperti orang Italia.

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta paling populer di dunia. Bentuknya silinder, panjang, dan tipis layaknya mi. Spaghetti biasanya diolah bersama saus bolognese atau diolah jadi aglio olio.

Mengolah dan menikmati spaghetti ternyata tidak sembarangan. Orang Italia punya 'aturan' dan cara sendiri mengenai hal ini. Karenanya ketika mereka melihat spaghetti diolah tidak semestinya, muncul perasaan tidak nyaman di hati.

Sesederhana merebus spaghetti, ternyata pantang bagi orang Italia mematahkan spaghetti saat hendak dimasukkan ke dalam panci. Begitupun dengan penggunaan alat makan. Ada cara khusus untuk memakan spaghetti dengan garpu.

detikfood merangkum fakta menarik seputar spaghetti, termasuk cara makan spaghetti yang benar seperti orang Italia berikut ini:

1. Masak spaghetti al dente

5 Cara Makan Spaghetti yang Benar Seperti Orang Italia5 Cara Makan Spaghetti yang Benar Seperti Orang Italia Foto: Getty Images/cclickclick

Mungkin kamu berpikir orang Italia selalu makan pasta fresh yang baru dibuat, namun faktanya tidak. Mereka juga banyak mengonsumsi pasta kering dalam kemasan yang siap diolah.

Terlepas dari jenisnya, orang Italia selalu masak spaghetti dengan tingkat kematangan al dente. Maksudnya adalah tidak terlalu keras ataupun lembek. Tekstur spaghetti seharusnya lembut, namun masih kenyal dan tidak terlalu benyek.

Dikutip dari Mashed (30/7), chef Phil Yandolino mengatakan, "Jangan pernah bilas spaghetti setelah dimasak. Cara ini memungkinkan saus menempel sempurna nantinya ke pasta, sehingga rasanya enak di setiap suapan."

Baca Juga: Ingin Merebus Pasta al Dente dan Enak? Ikuti Tips Jitu Ini!

2. Tidak mematahkan spaghetti

Meski spaghetti berukuran panjang, bahkan bisa melebihi tinggi panci yang kita gunakan untuk merebusnya, namun jangan sekali-kali mematahkannya. Sebab hal ini dianggap terlarang bagi orang Italia.

Frank Scafidi, orang Italia yang orang tuanya memiliki toko makanan, mengatakan spaghetti harus tetap direbus dalam memanjang. Cita rasanya dianggap maksimal ketika bentuk spaghetti masih utuh dan bisa diseruput saat dimakan.

Mematahkan spaghetti di depan orang Italia bisa bikin mereka sangat terganggu. Seperti halnya yang terjadi dengan wanita ini ketika 'prank' mematahkan spaghetti di depan pasangannya yang merupakan orang Italia.

Baca Juga: Patahkan Spaghetti Mentah, Wanita Ini Diprotes Pacarnya yang Orang Italia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com