Mie Paling Endes

Diadaptasi dari China, Kini Racikan Mie di Asia Makin Enak dan Beragam

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 02 Agu 2021 18:08 WIB
Olahan mie enak di Asia Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

Mie dikenal sebagai makanan yang diadaptasi dari China. Kini sudah populer di dunia. Di kawasan Asia racikan mie makin beragam dan enak.

Asal-usul mie tercatat dalam sebuah buku pada Dinasti Han Timur periode tahun 25-220 M. Ini menandakan kalau mie berasal dari China dan menjadi makanan pokok yang kemudian tersebar ke seluruh dunia.

Teori tentang asal-usul mie juga diperkuat dengan penemuan semangkuk mie berusia 4000 tahun oleh para arkeolog di situs arkeologi Lajia. Mie berwarna kuning yang tipis dan panjajng itu diawetkan dan ditemukan dalam sebuah mangkuk yang terbalik dan terkubur di bawah sedimen setinggi 10 kaki (3 meter), seperti dikutip dari National Geographic (12/10).

Baca Juga: Apa Beda Panci Rp 80 Ribu vs Rp 8 Juta? Youtuber Ini Mengujinya

Olahan mie enak di AsiaOlahan mie enak di Asia Foto: Getty Images/iStockphoto

"Ini adalah bukti empiris paling awal dari mie yang pernah ditemukan," kata Houyuan Lu dari Institut Geologi dan Geofisika di Akademi Ilmu Pengetahuan China Beijing.

Seorang arkeolog dari University of Toronto Gary Crawford mengtakan kalau penemuan mie berusia 4000 tahun itu bukalah sebuah kejutan. Bahan yang digunakan pada pembuatan mie tersebut adalah biji millet dilihat dari melihat bentuk, pola butir pati, serta sekam benih dalam mangkuk mie dengan tanaman modern.

Karena, gandum hadir di China 4000 tahun yang lalu. Dan saat itu tidak dibudidayakan secara luas sampai Dinasti Tang (618-907 M). Menurut Crawford, fakta mie terbuat dari millet tidak mengherankan. Sebuah penelitian di China Utara menunjukkan kalau saat ini banyak millet dan beras tetapi jumlah gandum sangat sedikit.

Olahan mie enak di AsiaOlahan mie enak di Asia Foto: Getty Images/iStockphoto

Kini mie banyak terbuat dari gandum. Ada juga yang terbuat dari beras seperti bihun, sohun, dan kwetiau. Hingga mie shirataki yang terbuat dari glucomannnan, bahan ini merupakan serat dari akar tanaman konjak.

Olahan mie populer dari China seperti Lamian, Dan Dan Mian, Guilin, dan masih banyak lainnya. Tak hanya di China, hidangan mie populer juga banyak ditemui di negara Asia lainnya. Seperti Jepang, Korea, Thailand, Taiwan, hingga Indonesia.

Baca Juga: Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon', Royal Berbagi tapi Tak Mau Dicap Sultan

Mie khas Jepang sangat populer dengan kelezatannya. Sebut saja ramen, somen, hingga soba. Lalu, mie khas Korea yang paling nikmat adalah kalguksu, jajangmyeon, jjampong, bibimyeon, hingga naengmyeon yang pedas segar.

Olahan mie enak di AsiaOlahan mie enak di Asia Foto: Getty Images/iStockphoto

Aneka olahan mie populer di Indonesia ada yang terinspirasi dari hidangan Chinese seperti bakmi, kwetiau goreng, i fu mie. Sedangkan olahan mie tradisional tersebar di berbagai daerah, seperti mie kocok khas Bandung, mie celor khas Palembang, mie Aceh, hingga bakmi godog khas Yogyakarta.

Selama satu pekan ini, detikFood akan membahas tuntas seputar mie populer di Asia yang rasanya paling endes. Ada juga mie asal Thailand hingga Malaysia yang akan kami bahas. Kami juga akan memberikan rekomendasi tempat makan mie paling populer di Jakarta hingga Bandung.

Oleh karenanya, pantau terus detikFood ya! Agar informasi seputar mie yang menjadi favorit banyak orang ini tidak terlewat.

Baca Juga: Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil



Simak Video "Kekinian! Menyantap Mie Mala Pedas dalam Gelas"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com