Apa Beda Panci Rp 80 Ribu vs Rp 8 Juta? Youtuber Ini Mengujinya

Devi Setya - detikFood Senin, 02 Agu 2021 12:30 WIB
Apa Beda Panci Rp 80 Ribu vs Rp 8 Juta? Youtuber Ini Mengujinya Foto: youtube GadgetIn
Jakarta -

Kali ini David GadgetIn tidak mengulas gadget canggih. Ia membandingkan panci Rp 80 ribu dengan panci Rp 8 juta. Seperti apa hasilnya?


David dikenal lewat channel youtubenya GadgetIn yang biasa mengulas produk teknologi canggih terbaru mulai dari handphone hingga laptop. Tapi kali ini konten videonya lumayan nyentrik, ia mereview panci.

Ada dua panci yang direview David yakni panci murah vs panci mahal. Untuk panci murahnya, ia menggunakan panci seharga Rp 80 ribu. Panci cekung yang juga biasa disebut wajan ini bisa dengan mudah ditemui di pasaran.

Apa Beda Panci Rp 80 Ribu vs Rp 8 Juta? Youtuber Ini MengujinyaApa Beda Panci Rp 80 Ribu vs Rp 8 Juta? Youtuber Ini Mengujinya Foto: youtube GadgetId

Kemudian untuk panci mahalnya, David menggunakan panci Saladmaster seharga Rp 8 juta. Di awal video, David beberapa kali mengatakan tak percaya kalau ada alat masak yang harganya sampai jutaan.

"Masih lucu ngomongin harga Rp 8 juta buat panci. Apakah dia bisa membuat tempe jadi kerasa kayak daging mahal, bikin air putih serasa kaldu ayam, bikin aci serasa bakso. Ayo kita buktikan," kata David.

Untuk menguji fungsi dan kualitas dua panci ini, David sudah menyiapkan beberapa tes masak. Ia juga menyiapkan kompor dan gas yang sama agar bisa terlihat perbedaannya.

Sebelum memulai tes, David menjelaskan soal keunggulan panci Rp 8 juta ini. Dari informasi yang diperolehnya lewat website resmi Saladmaster, panci premium ini punya sederet keunggulan mulai dari materialnya hingga keunggulan untuk menjaga nutrisi makanan.

Tes pertama yang dilakukan David adalah merebus air. Ia merebus air dalam dua panci berbeda ini dengan takaran sama serta menggunakan besar api yang sama. Ternyata air mendidih hampir bersamaan. Panci Rp 8 juta belum menunjukkan kelebihannya lewat tes ini.

Yang kedua adalah tes merebus telur tanpa air. David hanya menggunakan tisu dapur yang dibasahi air, kemudian diletakkan di dasar panci. Lalu ia menaruh beberapa butir telur dan memasaknya.

Setelah menunggu sekitar 6 menit, ternyata panci Rp 80 ribu mengeluarkan banyak asap panas. Tisu yang dijadikan alas merebus telur pun berubah gosong serta mengeluarkan bara api. Khawatir akan membahayakan, David langsung mematikan kompor.

Lain dengan panci Rp 8 juta, proses memasak terus berjalan dengan aman sampai telur matang. Telur rebus tanpa air ini berhasil matang namun teksturnya tidak keras seperti direbus menggunakan air. Tisu yang dijadikan alas rebus pun sedikit gosong pada bagian bawahnya.

Tak puas sampai situ, David lalu mencoba menggoreng telur tanpa minyak. Sayangnya panci Rp 80 ribu sudah tak bisa digunakan karena gosong parah. David lanjut melakukan tes menggunakan teflon seharga Rp 200 ribuan.

Apa Beda Panci Rp 80 Ribu vs Rp 8 Juta? Youtuber Ini MengujinyaApa Beda Panci Rp 80 Ribu vs Rp 8 Juta? Youtuber Ini Mengujinya Foto: youtube GadgetId

Proses menggoreng telur tanpa minyak ini berjalan sukses. Kedua panci ini bisa memasak telur hingga matang. Namun bagian bawah telur agak gosong dan kering. Pada panci Rp 8 juta pun telurnya lengket dan sulit diangkat.

David juga mencoba memasak brokoli dan steak. Meski mengklaim bisa menghantarkan panas merata, tapi panci Rp 8 juta ini tak berbeda jauh dengan panci yang harganya jauh lebih murah.

Di akhir video David menyimpulkan kalau panci mahal ini sama sekali tidak recommended dalam hal memasak. Namun di sisi lain David mengatakan mungkin saja dari segi gizi panci Rp 8 juta ini lebih unggul.

"Dari lima tes yang tadi kita udah lakuin, apakah Saladmaster worth it? Tentu aja nggak worth it," kata David.

Video yang diunggah pada April 2021 ini sudah disaksikan lebih dari 2 juta kali dan mengundang komentar netizen.

"Lama kelamaan channel ini jadi tontonan ibu-ibu," kata netizen.

"Baru kali ini nonton review panci sampe selesai. Ya ampun," kata netizen lain.

"Ke rumah David maling hp No. Ke rumah David maling panci Yes," pungkas netizen.



Simak Video "Tips Bersihkan Panci Gosong Jadi Kinclong! "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com