Modal Rp 200 Ribu, Bule Jerman Ini Kenyang Jajan di Jakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 19:00 WIB
Bule Jerman Jajan di Jakarta Foto: YouTube Lehmann Vlogs
Jakarta -

Dua bule asal Jerman coba membeli jajanan di Jakarta dengan uang sebanyak $10 (Rp 200 ribuan). Mereka pun bisa membeli pisang goreng hingga nasi goreng.

Jika dibandingkan dengan negara barat, harga jajanan di Indonesia memiliki harga yang jauh lebih murah. Di Jakarta yang merupakan kawasan metropolitan juga bisa mendapatkan makanan enak dengan harga terjangkau.

Kalau di Jerman, mungkin uang sebesar $10 (Rp 200 ribuan) hanya bisa membeli 1 atau 2 makanan saja. Namun, di Jakarta kamu bisa mendapatkan beragam makanan dengan harga murah. Dua orang bule asal Jerman membuktikannya dalam sebuah video.

Dalam vlog-nya, dua bule Jerman dengan channel YouTube Lehmann Vlogs membagikan momennya saat membeli beberapa jajanan yang populer yang ada di kawasan Jakarta Pusat.

"Hari ini kita akan menunjukkan pada kalian makanan apa saja yang bisa kita dapatkan dengan uang $10 atau Rp 200 ribu di kawasan Menteng ini," ujar sang bule.

Bule Jerman Jajan di JakartaBule Jerman Jajan di Jakarta Foto: YouTube Lehmann Vlogs

Baca Juga: 3 Pola Makan Anthony Ginting yang Lolos ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2021

Pertama, dua bule Jerman ini mengunjungi sebuah restoran bernama Warung Kito. Di restoran ini ia memesan menu seporsi nasi goreng ayam dan seporsi nasi dengan tumisan sayur. Di restoran ini mereka menghabiskan sekitar Rp 55 ribu untuk dua porsi makanan utama.

"Nasi gorengnya enak apalagi dikombinasikan dengan kerupuknya," ujar bule Jerman itu.

Setelah itu, mereka kembali mencari makanan lainnya dan menemukan seorang penjual gorengan di pinggir jalan. Mereka membeli pisang goreng, ubi goreng, singkong, tahu goreng, dan bakwan dengan harga Rp 10 ribu per 10 buah.

Bule Jerman Jajan di JakartaBule Jerman Jajan di Jakarta Foto: YouTube Lehmann Vlogs

Bule ini mencoba singkong goreng terlebih dahulu dan mereka menjelaskan kalau rasanya mirip seperti kentang. Setelah itu, mereka mencoba semua gorengan yang telah dibeli dan mengatakan kalau pisang goreng dan bakwan rasanya enak.

Masih memiliki sisa uang yang banyak, mereka kembali keliling membeli jajanan. Tahu kriuk jadi pilihannya. Ia membelinya dengan saus cocolan mentai dengan harga Rp 16 ribu per boksnya.

Tahu kriuk saus mentai itu ia cicipi di pinggiran jalan. Bule Jerman itu mengatakan kalau rasa tahu kriuknya gurih dan saus cocolannya pedas. "Sausnya sangat pedas!" ujarnya.

Baca Juga: Wow! Sehari 250 Kilogram Daging Sapi Ludes di Warung Bakso Ini

Bule Jerman Jajan di JakartaBule Jerman Jajan di Jakarta Foto: YouTube Lehmann Vlogs

Cukup lama berkeliling, bule ini pergi ke sebuah rumah makan untuk membeli jus buah. Ia membeli dua gelas jus buah dengan harga Rp 30 ribu. Ia pun mengatakan kalau jus buah itu enak dan menyegarkan, apalagi jus jambu.

"Jus ini sangat enak dengan harga Rp 15 ribu, kalau di sana mungkin harganya cuma 80 atau 90 sen kayaknya," kata bule Jerman itu.

Selesai minum jus, bule ini melihat seorang penjual nanas di pinggir jalan dan membelinya. Satu bungkus nanas itu dibanderol harga Rp 15 ribu. Bule ini pun langsung mencicipi nanas tersebut.

Bule Jerman Jajan di JakartaBule Jerman Jajan di Jakarta Foto: YouTube Lehmann Vlogs

Bule Jerman ini kemudian menghitung harga semua makanan yang dibelinya. Ia hanya menghabiskan sekitar Rp 130 ribu saja. Uang Rp 200 ribunya masih memiliki sisa Rp 70 ribu. Walaupun masih ada sisa uang, namun bule Jerman ini sudah kekenyangan.

"Aku sudah sangat kenyang, dan masih ada Rp 70 ribu lagi," ucapnya di akhir video.

Baca Juga: Sama Seperti Daging Babi, Makan Darah Juga Haram Bagi Muslim



Simak Video "Antusias Bule Belajar Masak Pecel Pitik dan Klepon"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com