Punya Utang Rp 1,3 M di Usia 17 Tahun, Pria Ini Kini Sukses Bisnis Keripik

Devi Setya - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 12:30 WIB
Punya Utang Rp 1,3 M di Usia 17 Tahun, Pria Ini Kini Sukses Bisnis Keripik Foto: youtube Pecah Telur
Jakarta -

Pria bernama Bagas ini sudah punya pola pikir pengusaha sejak usia belasan tahun. Bahkan di usia 17 tahun ia pernah bangkrut dan memiliki utang hingga Rp 1,3 M. Waduh!

Bagas Alimpad atau akrab disapa Bagas berbeda dengan anak muda milenial biasanya. Jika kebanyakan anak muda di usia sekolah hanya hobi main game, maka Bagas sudah mulai berbisnis. Ia bahkan sudah memulai bisnisnya sejak usia 15 tahun.

Lewat chanel youtube Pecah Telur, Bagas membeberkan pengalamannya. Di usia 15 tahun ia sudah menjadi reseller untuk beberapa produk keripik kemasan. Namun saat itu ia tertarik mengikuti bisnis berbasis multi level marketing MLM dan kemudian beralih menekuni bisnis yang disebut 'money game'.

Punya Utang Rp 1,3 M di Usia 17 Tahun, Pria Ini Kini Sukses Bisnis KeripikPunya Utang Rp 1,3 M di Usia 17 Tahun, Pria Ini Kini Sukses Bisnis Keripik Foto: youtube Pecah Telur

Melakoni bisnis ini, Bagas berhasil membuat banyak investor mempercayakan untuk menitipkan uang puluhan juta agar bisa diputarkan demi mendapat keuntungan. Sayangnya, bisnis ini kemudian bangkrut dan uang investor pun ikut lenyap. Hal ini membuat pria berkacamata ini terlilit hutang sampai Rp 1,3 M.

Demi melunasi hutangnya pada para investor, Bagas melirik usaha jamur tiram milik pamannya. Bisnis jamur ini sebenarnya sudah berjalan namun ketika harga jamur turun di pasaran, maka banyak sisa jamur yang tidak bisa dijual alias terbuang sia-sia. Jamur inilah yang menjadi ide bagi Bagas.

"Daripada dibuang, sini mending jamurnya saya olah jadi keripik," ujar Bagas.

Dengan ketekunannya, ia kemudian meracik jamur ini menjadi keripik yang dikemas secara modern. Lantas ia menjualnya mengandalkan media sosial. Usahanya ini membuahkan hasil namun keuntungannya belum mampu menutup semua utangnya.

Punya Utang Rp 1,3 M di Usia 17 Tahun, Pria Ini Kini Sukses Bisnis KeripikPunya Utang Rp 1,3 M di Usia 17 Tahun, Pria Ini Kini Sukses Bisnis Keripik Foto: youtube Pecah Telur

"Kalau anak muda itu merasakan jatuh cinta baper. Kalau saya merasakan jatuh tempo. Orang-orang 17 tahun sweet seventeen, lah saya pait seventeen, nggak ada manis-manisnya," beber Bagas sambil tertawa.

Bisnis keripik jamurnya berjalan lancar namun ia masih terus mengikuti berbagai seminar wirausaha demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ia banyak belajar dari para konsultan bisnis sampai akhirnya bertemu orang-orang yang berniat melakukan kerjasama.

Berawal dari keripik jamur, kini Bagas merambah bisnis keripik pisang, keripik singkong dan makaroni. Semuanya kini berjalan mulus dengan omzet yang fantastis.

Produk keripik yang awalnya hanya dipasarkan lewat online, sekarang mulai masuk ke toko retail sekelas Indomart dan Alfamart.

Di usia yang sangat muda yakni 23 tahun, Bagas bukan hanya dikenal sebagai pengusaha snack. Kini ia juga pembicara sekaligus motivator bisnis yang kerap mengisi seminar.

Baginya kegagalan yang pernah ia alami adalah kesuksesan yang membuatnya bisa seperti saat ini. "Jadi kalau ada yang bilang saya bangkrut di usia 17 tahun, justru saya menganggapnya itu titik kesuksesan saya," pungkas Bagas.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Keripik Bayam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com