Jumlah Kafein pada 4 Minuman Kopi Populer, Mana yang Terbanyak?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 06:00 WIB
Jumlah kafein pada 4 jenis kopi populer Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beragam minuman kopi yang disukai para penikmatnya. Mulai dari kopi cold brew hingga es kopi, mana yang mengandung paling banyak kafein?

Kopi adalah minuman yang banyak digemari saat ini, bahkan menjadi bagian gaya hidup anak muda. Terbukti dengan banyaknya coffee shop yang tersebar di Indonesia.

Jenis minuman kopi ada banyak. Empat diantaranya sangat populer yaitu espresso, cold brew, kopi hitam, dan espresso. Keempat jenis kopi ini memiliki kandungan kafein yang berbeda.

Kamu harus mengetahui kandungan kafein setiap kopi agar bisa mengetahui batasan maksimal mengonsumsi kopi per hari. Dilansir dari Health Line (18/7), batas maksimal asupan kafein per hari sebesar 400 mg. Jadi, dalam sehari kamu bisa mengonsumsi 2-4 cangkir kopi tergantung kandungan kafeinnya.

Sebaiknya kamu bisa mengenali kandungan kafein pada beberapa jenis kopi. Seperti dilansir dari Health Line (28/7), kandungan kafein pada cold brew, es kopi, hingga espresso memiliki perbedaan per cangkirnya.

Baca Juga: Air Rebusan Mie Instan Perlu Diganti? Ini Kata Ahli Gizi

Berikut jumlah kafein pada 4 minuman kopi populer:

1. Espresso

Jumlah kafein pada 4 jenis kopi populerJumlah kafein pada 4 jenis kopi populer Foto: Getty Images/iStockphoto

Espresso adalah jenis kopi hitam yang rasanya pahit pekat. Kopi ini dihasilkan melalui ekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyeduhkan air panas menggunakan tekanan tinggi. Nama espresso berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti 'express' atau 'cepat'.

Espresso langsung disajikan kepada pelanggan setelah jadi tanpa menambahkan racikan yang lain. Jadi, rasa kopinya sangat pekat dan pahit. Selain bisa dinikmati langsung, espresso juga dijadikan untuk base minuman kopi lainnya.

Lantas, berapa jumlah kafein pada secangkir espresso? Secangkir espresso berukuran 44 ml memiliki kandungan kafein 150 miligram. Dengan kandungan kafein tersebut, jumlah konsumsinya bisa sebanyak 2 cangkir saja.

2. Cold Brew

Jumlah kafein pada 4 jenis kopi populerJumlah kafein pada 4 jenis kopi populer Foto: Getty Images/iStockphoto

Cold brew saat ini menjadi salah satu jenis kopi yang populer dan banyak digemari. Proses pembuatan cold brew tanpa penyeduhan air panas, melainkan menggunakan air dingin.

Kopi cold brew biasanya dinikmati dengan tambahan air putih dan es batu. Ada juga yang menjadikan kopi cold brew dengan tambahan susu lagi sehingga rasanya makin nikmat.

Untuk kandungan kafeinnya, dalam secangkir kopi cold brew berukuran 473 ml terdapat 205 miligram kafein. Sehingga kamu hanya bisa mengonsumsi sekitar 2 cangkir kopi cold brew per harinya.

Baca Juga: Chef Hotel Bintang 4 Ini Jualan Ayam Panggang, Omzetnya Rp 6 Juta Sehari!

3. Es Kopi

Jumlah kafein pada 4 jenis kopi populerJumlah kafein pada 4 jenis kopi populer Foto: Getty Images/iStockphoto

Es kopi juga populer di kalangan anak muda. Ada es kopi hitam maupun es kopi susu yang nikmat rasanya. Walaupun rasanya enak karena menyegarkan, perlu diketahui juga kandungan kafeinnya agar tidak terlalu banyak mengonsumsinya.

Dalam segelas es kopi berukuran 473 ml, terdapat kandungan kafein sebanyak 165 miligram. Melihat kandungan kafeinnya, sepertinya kamu hanya bisa mengonsumsi es kopi sebanyak 2-3 gelas per hari.

4. Kopi Hitam Hangat

Jumlah kafein pada 4 jenis kopi populerJumlah kafein pada 4 jenis kopi populer Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi hitam menjadi andalan bagi penikmat kopi. Biasanya kopi hitam hangat ini dinikmati saat sarapan untuk menmbangkitkan energi. Untuk teman minum kopi hitam, biasanya dinikmati bersama roti atau biskuit.

Secangkir kopi hitam hangat ini memiliki kandungan kafein yang tinggi. Dalam cangkir berukuran 473 ml mengandung 210-360 miligram kafein.

Baca Juga: Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Hati, Ini Kata Peneliti



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com