Diet Tanpa Nyiksa, Terapkan 5 Kebiasaan Ini Agar Berat Badan Cepat Turun

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 01 Agu 2021 07:00 WIB
Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun
Foto: Getty Images/alvarez
Jakarta -

Menurunkan berat badan tetap bisa dilakukan dengan santai dan tanpa menyiksa. Kebisaan kecil ini bisa diterapkan agar berat badan lebih cepat turun.

Susah-susah gampang, menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan metode diet yang tak terhitung jumlahnya. Agar berat badan lebih cepat turun, tapi tidak terasa tersiksa hingga kelaparan, diet bisa diimbangi dengan mengubah kebiasaan makan sehari-hari.

Menurut ahli gizi Kathleen M. Zelman, ia menjelaskan ada beberapa tips mudah agar diet bisa dilakukan tanpa menyiksa. Bahkan jika diterapkan secara rutin, bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat.

Dilansir dari WebMD (30/07), berikut lima kebiasaan diet tanpa nyiksa yang bisa ditiru agar berat badan cepat turun.

Baca Juga: Bikin Iri! Wanita Ini Turun BB 20 Kg, Masih Bisa Makan Junkfood

1. Wajib Sarapan

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto

Sederhana tapi sering dianggap sepele. Kebiasaan sarapan di pagi hari saat diet, ternyata berpengaruh pada proses penurunan berat badan.

"Banyak orang berpikir bahwa melewatkan sarapan merupakan cara terbaik untuk memangkas kalori. Padahal mereka akan makan lebih banyak sepanjang hari, karena rasa lapar," jelas ahli gizi Elizabeth Ward.

Elizabeth juga menunjukkan bahwa ada banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa orang yang rajin sarapan, memiliki kadar BMI atau masa indeks tubuh yang lebih rendah. Dibandingkan mereka yang sering melewatkan makan pagi.

2. Hindari Minuman Manis

Ilustrasi minuman manis berwarna-warniIlustrasi minuman manis berwarna-warni Foto: Thinkstock

Meski tidak makan gorengan atau karbohidrat, tapi jika kebiasaan mengkonsumsi minuman manis masih dilakukan. Proses penurunan berat badan juga akan melambat.

Hal ini disebabkan kalori dalam minuman manis atau minuman kemasan biaanya jauh lebih tinggi, dibandingkan makanan yang digoreng. Jadi jika ingin berat badan cepat turun, hindari minuman manis.

Ganti minuman dengan perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Kemudian bisa juga buat jus dari buah dan sayur sendiri, tanpa campuran gula dan pemanis lainnya.

3. Trik Makan Sayur

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetableBalanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock

Agar tubuh tetap sehat meski tengah diet, konsumsi sayur dan buah yang bernutrisi tentu memegang peranan penting. Banyak sayur yang mengandung kalori rendah tapi kandungan vitamin dan nutrisinya tetap sehat.

Kalau belum terbiasa makan sayuran, coba letakkan sayur di bagian tengah piring. Sementara lauk lainnya bisa ditaruh di pinggir piring, sesuai saran dari ahli gizi Barbara Rolls.

"Bisa juga memulai makan sayur lebih dulu atau sup dengan kuah kaldu yang bening. Tentunya diet akan menjadi lebih sehat dengan vitamin dan mineral. Serta membuat perut lebih kenyang lama," ungkap Barbara.

4. Makan Porsi Kecil

porsi kecilporsi kecil Foto: Thinkstock

Karena sedang diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Menurut ahli Gizi Brian Wansink, saat diet justru penting untuk makan namun yang perlu diperhatikan adalah porsi dari setiap makanan yang disantap.

Biasakan makan dengan porsi yang lebih sedikit dari sebelumnya. Agar tidak repot, bisa pilih makan di piring yang lebih kecil atau mangkuk yang lebih kecil, agar porsi makanan yang disantap lebih terkontrol dan tidak berlebihan.

5. Tentukan Kapan Terakhir Makan

Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat TurunIni Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun Foto: Getty Images/alvarez

Saran dari ahli gizi Elaine Magee, agar berat badan cepat turun dan program diet tidak terbayang-bayang dengan makanan enak yang justru bikin orang merasa tersiksa. Sebaiknya tentukan kapan waktu terakhir kita makan.

"Ketika sudah mengatur kapan waktu terakhir kita boleh makan. Hal ini akan menghindari kita dari kebiasaan ngemil di malam hari," jelasnya.

Untuk makanan penutup setelah makan malam, Elaine menyarankan untuk mencari alternatif yang lebih sehat. Seperti secangkir teh hangat, atau yogurt dingin yang menyegarkan. Jangan lupa gosok gigi untuk menghilangkan keinginan ngemil dan makan di tengah malam.

Baca Juga: Diet Tanpa Siksaan, Orang-orang Ini Turun Puluhan Kgdan Tetap Makan Enak

(sob/odi)