Diet Tanpa Nyiksa, Terapkan 5 Kebiasaan Ini Agar Berat Badan Cepat Turun

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 07:00 WIB
Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun Foto: Getty Images/alvarez

3. Trik Makan Sayur

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetableBalanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock

Agar tubuh tetap sehat meski tengah diet, konsumsi sayur dan buah yang bernutrisi tentu memegang peranan penting. Banyak sayur yang mengandung kalori rendah tapi kandungan vitamin dan nutrisinya tetap sehat.

Kalau belum terbiasa makan sayuran, coba letakkan sayur di bagian tengah piring. Sementara lauk lainnya bisa ditaruh di pinggir piring, sesuai saran dari ahli gizi Barbara Rolls.

"Bisa juga memulai makan sayur lebih dulu atau sup dengan kuah kaldu yang bening. Tentunya diet akan menjadi lebih sehat dengan vitamin dan mineral. Serta membuat perut lebih kenyang lama," ungkap Barbara.

4. Makan Porsi Kecil

porsi kecilporsi kecil Foto: Thinkstock

Karena sedang diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Menurut ahli Gizi Brian Wansink, saat diet justru penting untuk makan namun yang perlu diperhatikan adalah porsi dari setiap makanan yang disantap.

Biasakan makan dengan porsi yang lebih sedikit dari sebelumnya. Agar tidak repot, bisa pilih makan di piring yang lebih kecil atau mangkuk yang lebih kecil, agar porsi makanan yang disantap lebih terkontrol dan tidak berlebihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com