Diet Tanpa Nyiksa, Terapkan 5 Kebiasaan Ini Agar Berat Badan Cepat Turun

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 07:00 WIB
Ini Panduan Jam Makan Saat Berdiet Agar Berat Badan Cepat Turun Foto: Getty Images/alvarez
Jakarta -

Menurunkan berat badan tetap bisa dilakukan dengan santai dan tanpa menyiksa. Kebisaan kecil ini bisa diterapkan agar berat badan lebih cepat turun.

Susah-susah gampang, menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan metode diet yang tak terhitung jumlahnya. Agar berat badan lebih cepat turun, tapi tidak terasa tersiksa hingga kelaparan, diet bisa diimbangi dengan mengubah kebiasaan makan sehari-hari.

Menurut ahli gizi Kathleen M. Zelman, ia menjelaskan ada beberapa tips mudah agar diet bisa dilakukan tanpa menyiksa. Bahkan jika diterapkan secara rutin, bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat.

Dilansir dari WebMD (30/07), berikut lima kebiasaan diet tanpa nyiksa yang bisa ditiru agar berat badan cepat turun.

Baca Juga: Bikin Iri! Wanita Ini Turun BB 20 Kg, Masih Bisa Makan Junkfood

1. Wajib Sarapan

Sarapan Sehat Pelancar BABSarapan Sehat Pelancar BAB Foto: Getty Images/iStockphoto

Sederhana tapi sering dianggap sepele. Kebiasaan sarapan di pagi hari saat diet, ternyata berpengaruh pada proses penurunan berat badan.

"Banyak orang berpikir bahwa melewatkan sarapan merupakan cara terbaik untuk memangkas kalori. Padahal mereka akan makan lebih banyak sepanjang hari, karena rasa lapar," jelas ahli gizi Elizabeth Ward.

Elizabeth juga menunjukkan bahwa ada banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa orang yang rajin sarapan, memiliki kadar BMI atau masa indeks tubuh yang lebih rendah. Dibandingkan mereka yang sering melewatkan makan pagi.

2. Hindari Minuman Manis

Ilustrasi minuman manis berwarna-warniIlustrasi minuman manis berwarna-warni Foto: Thinkstock

Meski tidak makan gorengan atau karbohidrat, tapi jika kebiasaan mengkonsumsi minuman manis masih dilakukan. Proses penurunan berat badan juga akan melambat.

Hal ini disebabkan kalori dalam minuman manis atau minuman kemasan biaanya jauh lebih tinggi, dibandingkan makanan yang digoreng. Jadi jika ingin berat badan cepat turun, hindari minuman manis.

Ganti minuman dengan perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Kemudian bisa juga buat jus dari buah dan sayur sendiri, tanpa campuran gula dan pemanis lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com