Mulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak Mampu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 16:00 WIB
Mulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak Mampu Foto: Bakeries Baker via Says Malaysia
Jakarta -

Tak semua orang mampu beli kue ulang tahun (ultah). Karenanya baker ini sengaja membuat kue ultah murah seharga Rp 18 ribu saja.

Kue ultah selalu hadir dalam perayaan istimewa seseorang yang memperingati hari lahirnya. Kue ultah biasanya berukuran besar, karenanya harga kue ini relatif mahal.

Belum lagi kalau kue ultah dibuat dengan bahan premium dan memakai topping spesial. Harga per buahnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sayangnya di tengah pandemi Covid-19, banyak orang alami kesulitan ekonomi. Ketika mereka mau merayakan ulang tahun dengan kue pun terasa sulit.

Melihat kondisi ini, baker di Kuala Lumpur, Malaysia bernama Nur Rasziah Fhasyarini Sharolanuar datang dengan inisiatif mulia. Wanita dengan sapaan akrab Fasha ini menjual kue ultah dengan harga murah agar bisa dibeli semua kalangan.

Mulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak MampuMulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak Mampu Foto: Bakeries Baker via Says Malaysia

Dikutip dari Says Malaysia (29/7), Fasha menjual kue ultah RM 5.30 atau sekitar Rp 18 ribu saja. Pemilik Bakeries Baker n Pastries ini terinspirasi dari seorang pelanggan setianya.

"Semenjak masa Movement Control Order (MCO) 3.0, saya mulai menjual kue ultah Rp 18 ribu karena pelanggan setia saya tiba-tiba mau beli satu cupcake saja. Dia bilang ingin membuat kue sendiri, namun harga bahan-bahannya sangat mahal dan suaminya diberhentikan dari pekerjaan. Saya tidak tega kalau hanya membuat satu cupcake saja," kata Fasha mengawali cerita.

Fasha akhirnya membuatkan pelanggan itu satu kue ultah. "Ketika kuenya selesai dibuat, dia bertanya berapa harganya dan saya bilang terserah. Dia bisa bayar berapapun yang dia inginkan. Dia memberi saya sekitar Rp 18 ribu untuk kue dan sekitar Rp 18 ribu lainnya untuk pengirim kue. Hanya segitulah yang bisa dia bayar," ujar Fasha.

Mulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak MampuMulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak Mampu Foto: Bakeries Baker via Says Malaysia

Dari situlah ia mulai menjual kue ultah Rp 18 ribu yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Fasha juga menceritakan kisah menyentuh ini di akun Facebook miliknya.

Unggahan Fasha viral hingga dibagikan lebih dari 1.900 kali dan mendapat tanda suka lebih dari 4.200. Apalagi ia juga menunjukkan contoh kue ultah yang dibuat.

Terlihat kue ultah itu cukup besar, diameternya 10 cm. Fasha melapisinya dengan buttercream warna-warni. Menurutnya kue ultah itu bisa dipotong jadi 6.

Pelanggan bisa pilih mau kue ultah rasa vanilla atau cokelat, namun desainnya acak alias tidak bisa memilih. Fasha bahkan menggratiskan penulisan nama di atas kue ultah, asal tak lebih dari 10 huruf.

Mulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak MampuMulia! Baker Ini Jual Kue Ultah Rp 18 Ribu untuk Orang Tak Mampu Foto: Bakeries Baker via Says Malaysia

Semenjak promosi Fasha di Facebook, ia mengaku kebanjiran pesanan. Dalam sehari ia bisa membuat 900 kue ultah murah.

Hanya saja Fasha membatasi jumlah pesanan kue yaitu hanya 100 sehari. Sisa pesanan akan dialihkan ke hari berikutnya.

Selain dibeli langsung oleh keluarga tak mampu, kue ultah murah ini juga dibeli oleh orang-orang anonim untuk orang yang membutuhkan. Menurut Fasha, ini menjadi amanah yang besar untuknya.

Ia pun mempersilahkan siapa saja yang tertarik dengan kue ultah itu untuk mendapatkannya secara cuma-cuma. Pelanggan hanya perlu membayar ongkos kirimnya saja.



Simak Video "Unik Banget! Ada Kue Ultah dengan Saus Telur Asin"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com