Disebut Sekte Baru, Makan Seblak Pedas Pakai Kecap Disebut Netizen Meresahkan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 31 Jul 2021 17:00 WIB
Seblak Jeletet Anna Tebet Foto: dok.detikFood/Dewi Anggraini
Jakarta -

Jadi makanan sejuta umat yang digemari banyak orang. Kini muncul sekte terbaru makan seblak yang dianggap meresahkan. Yaitu dengan mencampur seblak pakai kecap.

Berasal dari Jawa Barat, popularitas seblak sudah setara dengan mie ayam dan bakso. Ciri khasnya terletak pada paduan kerupuk kenyal yang direbus, kemudian diolah dengan sambal ekstra pedas, telur, tulang hingga ceker ayam yang menggoda selera.

Baca Juga: 5 Seblak Paling Enak di Bandung, Ada yang Jualan di Gang Sempit!

Mirip seperti bubur ayam, kini seblak pun muncul sekte atau aliran makan yang bikin netizen heboh. Sekte terbaru makan seblak ini berawal dari video yang dibagikan pengguna TikTok @ayazalhakim (01/08).

"Sekte mana lagi ini? Temen gua makan seblak pakai kecap," tulis Hakim di dalam videonya. Tampak temannya tengah asyik mencampur kecap manis ke dalam semangkuk seblak pedas dengan aneka topping.

Disebut Sekte Baru, Makan Seblak Pedas Pakai Kecap Disebut Netizen MeresahkanDisebut Sekte Baru, Makan Seblak Pedas Pakai Kecap Disebut Netizen Meresahkan Foto: Twitter/TikTok

Setelah kecap manis dalam jumlah banyak dicampurkan, kuah seblak yang tadinya merah cabe langsung berubah menjadi lebih gelap ketika diaduk. Karena video ini juga banyak netizen yang mempertanyakan apakah kini ada sekte baru untuk makan seblak.

Video ini langsung viral tak hanya di TikTok, tapi sampai dibahas oleh netizen Twitter. Hampir semuanya berpendapat bahwa makan seblak dicampur kecap, merupakan sekte yang meresahkan karena keluar dari konsep seblak yang identik dengan pedas.

"Kalau dicampur kecap sebanyak itu, jadinya mah bukan seblak tapi bubur kerupuk atuh," kritik netizen.

"Campur kecap ke seblak itu tidak sesuai dengan etika dan sopan santun makan seblak," canda salah satu netizen.

Disebut Sekte Baru, Makan Seblak Pedas Pakai Kecap Disebut Netizen MeresahkanDisebut Sekte Baru, Makan Seblak Pedas Pakai Kecap Disebut Netizen Meresahkan Foto: Twitter/TikTok

"Sebenernya mau makan seblak pakai kecap, atau gak pakai kecap sesuai selera masing-masing aja. Pokoknya setiap jenis seblak itu enak!" tulis netizen.

Tapi ada juga netizen di Twitter yang mengatakan bahwa ciri khas seblak di daerah Sukabumi justru menggunakan kecap.

"Lha? Di Sukabumi mah emang seblak teh dipakein kecap coy. Rasanya mantap untuk lidah orang Sukabumi mah wkwk," bela netizen

"Ciri khas seblak di Sukabumi emang pakai kecap manis. Jadi pedas manis. Malah rada aneh pas beli seblak di Bandung, tapi gak pakai kecap," pungkas netizen lainnya.

Semuanya kembali lagi ke selera masing-masing. Kalau kamu lebih suka seblak kecap atau tanpa kecap nih?

Baca Juga: Sekte Baru Makan Bubur, Taruh Kerupuk Dulu Baru Masukkan Bubur



Simak Video "Masak Masak: Resep Seblak Seafood"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com