Olimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi Makanan

Devi Setya - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 12:00 WIB
Olimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi Makanan Foto: olympics

2. Menyajikan 48 ribu porsi makanan setiap hari

Olimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi MakananOlimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi Makanan Foto: olympics

Setiap harinya ada 48 ribu porsi makanan yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan makan atlet dan para staf. Seluruh atlet tidak diperkenankan untuk membeli makanan dari luar area Olimpiade untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Dilansir dari Japan Today (27/7) para atlet akan menyantap lebih banyak menu khas Jepang yang disiapkan langsung oleh koki profesional dibantu 2.000 orang staf.

"Saya merasa ini adalah tanggung jawab besar bagi kami," kata Tsutomu Yamane, Direktur Senior Departemen Layanan Makanan dan Minuman Olimpiade 2020. "Kami ingin mereka menikmati makanan Jepang tetapi ini merupakan tekanan besar," lanjutnya.

Menu makanan untuk para atlet Olimpiade Tokyo dibagi menjadi tiga kategori, yakni menu ala barat, Jepang, dan Asia lainnya yang mencakup China, India dan Vietnam.

3. Menu spesial cita rasa Jepang

Olimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi MakananOlimpiade 2020 Tokyo Tiap Hari Sajikan 700 Menu dan 48 Ribu Porsi Makanan Foto: olympics

Ada empat menu spesial bercita rasa Jepang, dibuat menggunakan bahan lokal premium. Menu ini sudah mendapat lisensi resmi Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020.

Menu pertama adalah somen yang disajikan dengan tomat dan ayam kukus. Somen merupakan mie gandum putih khas Jepang yang rendah lemak. Mie ini juga tinggi karbohidrat sehingga cocok dikonsumsi para atlet yang butuh banyak energi. Somen disajikan dengan tomat dan ayam kukus.

Kemudian ada bento Salmon Zangi. Olahan ikan salmon goreng ini disajikan dengan saus lemon madu dan tomachiki yakni tomat dan ayam. Pelengkapnya ada sayuran berupa brokoli dan wortel.

Menu lainnya adalah Zunda de Panna Cotta, yaitu pasta kental yang terbuat dari edamame yang dipanen secara manual dengan tangan. Kedelai ini dikenal dengan sebutan zunda. Hidangan penutup ini disajikan bersama cream cheese lembut.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Sensasi Menikmati Mie Pangsit Ijo di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com