5 Cara Mengatasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru

Devi Setya - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 12:30 WIB
5 Cara Mengatasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

2. Paksakan untuk batuk

Seseorang yang tersedak pasti akan refleks batuk, ketika hendak reaksi ini muncul usahakan untuk batuk sekuat tenaga. Jika perlu kamu bisa batuk sambil sedikit menghentak.

Jika masih bisa batuk atau berbicara, kasus tersedak ini masih terbilang ringan. Artinya saluran tenggorokan tidak sepenuhnya tertutup makanan. Namun perlu diperhatikan ketika kamu tersedak dan tidak bisa berbicara sama sekali, kasus ini perlu dianggap serius.

5 Cara Mengatasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru5 Cara Mengatasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

3. Tepuk dada menggunakan telapak tangan

Jika kamu sudah merasa agak sesak dan sulit bernapas karena tersedak, tepuk bagian dada menggunakan tangan. Tepuk sekuat tenaga agar makanan bisa keluar dengan mudah.

Pertolongan pertama ini bisa dilakukan sendiri namun kamu juga bisa meminta bantuan orang lain. Jika menepuk dada masih tidak bisa mengatasi tersedak maka kamu perlu dibantu orang lain untuk menepuk bagian punggung.

Condongkan badan ke arah depan lalu minta bantuan untuk menepuk punggung menggunakan tangan yang dikepal. Lalukan perlahan namun kuat, pukul sebanyak 5 kali sampai makanan yang menyumbat bisa langsung terpental.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Bebek Rendang Pak Bos yang Super Mantap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com