Waktu Terbaik Minum Air Putih, Sebelum atau Sesudah Makan?

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 05 Jun 2021 06:00 WIB
air putih Foto: iStock
Jakarta -

Saat makan pastinya perlu minum agak tidak tersedak. Namun, waktu terbaik minum air putih sebaiknya kapan? Sebelum atau sesudah makan? Ini penjelasannya.

Kebaikan minum air putih setiap hari akan terasa untuk kesehatan tubuh jika mengonsumsinya dengan waktu tepat. Dalam sehari dianjurkan minum air putih sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas.

Minum air putih bisa dilakukan kapan saja. Karena bisa membantumu terhindar dari dehidrasi. Apalagi saat makan, minum air putih bisa membantumu agar tidak tersedak.

Namun, sebaiknya kapan waktu terbaik minum air putih saat makan? Dilansir dari Billi UK (4/6), minum air saat makan bisa dilakukan sebelum atau sesudah karena keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk tubuh.

Ini Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah PuasaWaktu terbaik minum air putih Foto: iStock

Baca Juga: Terungkap! Sosok Bapak di Gambar Keluarga Kaleng Biskuit Khong Guan

Minum air putih sebelum memulai sarapan bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Dapat mengaktifkan kembali organ dalam tubuh yang sebelumnya diistirahatkan saat tidur. Idealnya kamu bisa mengonsumsi air putih dalam satu gelas besar sesaat setelah kamu baru bangun tidur.

Saat menjelang makan siang dan malam, kamu juga bisa minum air putih sebelumnya. Tepatnya 30 menit sebelum mulai makan siang atau malam.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tubuh mengandung cairan pencernaan yang memungkinkan untuk memecah makanan kita. Enzim ini membantu tubuh untuk memanfaatkan energi makanan sesegera mungkin.

Baca Juga: Resep Bumbu Kuah Bakso dan Bakso Sapi Enak Buat Kumpul Keluarga

puasa air putihWaktu terbaik minum air putih Foto: iStock

Manfaat minum air putih sebelum makan juga diungkapkan dalam sebuah penelitian pada tahun 2009. Penelitian itu menyebutkan bahwa orang yang minum air sebelum makan dapat kehilangan berat badan 44 persen lebih banyak selama 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Kebiasaan buruk yang bisa kamu hindari adalah minum air putih saat makan. Selain bisa membuatmu cepat kenyang, minum air putih saat makan juga bisa mengencerkan enzim pencernaan. Sehingga tubuh akan lebih lama dalam mencerna makanan.

Lantas bagaimana dengan minum air putih setelah makan? Minum air putih setelah makan dianjurkan karena memungkinkan tubuhmu menyerap nutrisi penting.

Banyak ahli kesehatan yang juga menyarankan untuk minum air satu jam setelah makan. Hal ini agar tubuh dapat menggunakan air secara efektif untuk rehidrasi dan mendukung bagian terakhir dari pencernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari saat Perut Kosong



Simak Video "Bikin Laper: Lobster Mentai Mozzarella yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com