Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat

Riska Fitria - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 11:00 WIB
Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat Foto: iStock
Jakarta -

Pemerintah mengatur waktu makan 20 menit di warung makan dalam PPKM level 4. Aturan itu bisa memicu orang makan terlalu cepat yang bahayakan kesehatan.

Aturan makan 20 menit di warung makan menuai kritik dari masyarakat. Sebab aturan tersebut mengharuskan orang untuk makan terburu-buru. Kritik tersebut ramai disampaikan oleh masyarakat lewat meme kocak.

Banyak masyarakat yang menilai bahwa aturan makan 20 menit tidaklah praktis. Bukan hanya itu, tak sedikit juga masyarakat yang khawatir dengan risiko yang terjadi ketika makan terlalu cepat.

Salah satunya risiko kesehatan yang sangat membahayakan tubuh. Ada beberapa penyakit yang dapat disebabkan karena makan terlalu cepat.

Dilansir dari Clean Eating (16/04) berikut 5 risiko penyakit akibat makan terlalu cepat:

1. Obesitas

Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu CepatAturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat Foto: iStock

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan obesitas. Hal itu telah dibuktikan lewat sebuah penelitian besar yang menyebut bahwa kebiasaan makan terburu-buru dapat mendorong peningkatan berat badan.

Dalam penelitian tersebut, pria dan wanita paruh baya tanpa diabetes mengatakan mereka pemakan cepat memiliki peningkatan risiko resistensi insulin. Kondisi itulah yang menyebabkan diabetes dari waktu ke waktu.

Resistensi insulin adalah kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa makanan terlalu cepat berhubungan dengan obesitas. Dan obesitas adalah penyebab utama resistensi insulin.

Baca Juga: Penting! 5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan

2. Penyakit Jantung dan Stroke

Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu CepatAturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat Foto: iStock

Resistensi insulin juga memiliki keterkaitan dengan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah studi yang melibatkan hampir 9.000 orang berusia 40 tahun ke atas mengatakan bahwa makan terlalu cepat cenderung memiliki lingkar pinggang yang besar dan lebih cepat berisiko terkena kolesterol.

Dua kondisi itu adalah faktor risiko yang membentuk sindrom metabolik, dan dapat dikatakan bahwa itu adalah tanda seseorang terkena penyakit jantung.

Simak video 'Kata Ahli Gizi Soal Aturan Makan Dibatasi Hanya 20 Menit':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com